Tingkatkan Perekonomian Warganya Pemdes Cicapar Gelar Pasar Ramadhan

0

KAB,CIAMIS.FOKUSPRIANGAN.ID – Dalam rangka upaya meningkatkan perekonomian masyarakat di bulan suci Ramadhan dan di masa Pandemi Pemerintahan Desa Cicapar, Kecamatan Banjarsari, Kabupaten Ciamis buka pasar Ramadan.

Pasar Ramadan di gelar di halaman kantor Desa Cicapar selama bulan puasa yang di mulai pukul 16:00 WIB sampai jam 21:00 WIB. 

Imat Ruhimat kepala Desa Cicapar, kepada awak media mengatakan bahwa Kegiaan pasar Ramadan ini merupakan salah satu upaya pemerintahan Desa Cicapar untuk meningkatkan perekonomin warganya di bulan puasa dan masa pandemi.

“Karena selama ini dengan adanya pandemi itu masyarakat seolah olah seperti kebingungan untuk meningkatkan perekonomian harus bekerja apa, maka dari itu saya selaku kepala desa berinisiatif untuk membuka pasar Ramadhan,”ucap Imat, Rabu (14/04/2021).

Dikatakan Imat, pedagang yang ada di pasar Ramadhan ini semua di dominasi oleh warga sekitar, namun Alhamdulillah ada juga pedagang dari luar Desa Cicapar yang ingin menjajakan dagangan nya di pasar ini,”katanya.

Lanjut Imat, saat ini jumlah pedagang yang ada di pasar Ramadhan baru berjumlah sekitar 40 lapak, namun tidak tertutup kemungkinan jumlah itu akan bertambah banyak dikarenakan sudah ada juga pedagang lain yang memesan lapak di pasar tersebut.

“Sebenarnya tidak ada persyaratan yang sulit jika ada pedagang yang ingin berjualan di pasar Ramadhan ini, mereka cukup membawa KTP juga membayar uang pendaftaran sebesar Rp.10.000, namum nantinya setiap hari panitia akan menarik retribusi kepada mereka sebesar 5000 rupiah setiap harinya,”ujarnya

“Pasar Ramadhan ini rencana nya kita akan adakan selama bulan suci Ramadhan, dan waktu buka pasar ini akan di mulai dari pukul 15 :00 WIB sampai dengan Adzan Magrib.

Baca Juga  Desa Karangpaningal Gelar Musdes Bahas Penetapan Rancangan Anggaran Pendapatan Dan Belanja Desa Tahun Anggaran 2020

Imat pun menambahkan pihak nya juga akan terus memberikan himbauan, baik itu kepada pedagang maupun para pengunjung pasar Ramadhan untuk tetap mematuhi protokol kesehatan, mengingat sampai saat ini pandemi covid19 masih ada.

“Sampai saat ini kami terus mensosialiasasikan protokol kesehatan baik itu memakai masker serta menjaga jarak, bahkan panitia sudah menyiapkan beberapa tempat cuci tangan di setiap sudut lokasi pasar untuk di gunakan pengunjung sebelum memasuki lokasi pasar Ramadhan ini,” pungkasnya. (Revan)

Bagaimana tanggapan anda ?
+1
+1
+1
+1
+1
+1
+1

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here