DPRD Kab. Sukabumi Akan Mendukung Visi Misi Bupati Sukabumi Terpilih yang Tertuang Dalam RPJMD 2021-2026

0

SUKABUMI. FOKUSPRIANGAN.ID – Rencana Pembangunan Jangka Menengah (RPJMD) merupakan penjabaran dari visi misi dan program seorang Kepala Daerah.
Dalam Undang-Undang Nomor 23 Tahun 2014 dan Peraturan Pemerintah Nomor 8 Tahun 2008 menegaskan bahwa Bupati dan Wakil Bupati terpilih setelah dilantik wajib menyusun RPJMD yang merupakan penjabaran dari visi, misi, dan program kepala daerah yang memuat tujuan, sasaran, strategi, arah kebijakan, pembangunan daerah dan keuangan daerah.

Dalam RPJMD juga tertuang seluruh program Perangkat Daerah maupun lintas Perangkat Daerah yang disertai dengan kerangka pendanaan bersifat indikatif untuk jangka waktu 5 tahun. Penyusunan RPJMD berpedoman pada RPJPD (Rencana Pembangunan Jangka Panjang Daerah) sekaligus memperhatikan RPJMN (Rencana Pembangunan Jangka Menengah Nasional). Dalam waktu dekat ini dibawah kepemimpinan Kepala Daerah, Marwan Hamami, Pemerintah Daerah Kabupaten Sukabumi akan mengekspose RPJMD 2021-2026.

Hal tersebut diatur dalam regulasi yang menyatakan, dokumen RPJMD Kabupaten Sukabumi Tahun 2021 – 2026 harus telah ditetapkan paling lama 6 bulan setelah Bupati dan Wakil Bupati Sukabumi dilantik. Selanjutnya RPJMD yang dikeluarkan Bupati Sukabumi ditetapkan dalam Peraturan Daerah (Perda) bersama Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Sukabumi.

Jelang RPJMD Kabupaten Sukabumi, DPRD Kabupaten Sukabumi menggelar rapat koordinasi melibatkan seluruh pimpinan Fraksi. “Tadi kita rapat gabungan membahas RPJMD yang sudah diberikan pemerintah daerah dalam visi misi bupati untuk lima tahun kedepan. Guna mensupport dengan sisa 10 hari, maka disiapkan rapat penjadwalan pembahasan untuk memaksimalkan fungsi rapat agar menghasilkan RPJMD yang benar sesuai diharapkan masyarakat,” ungkap Yudha Sukmagara, Ketua DPRD Kabupaten Sukabumi, Senin (8/4/2021).

Menurutnya, DPRD Kabupaten Sukabumi akan mendukung visi misi Bupati Sukabumi terpilih yang tertuang dalam RPJMD 2021-2026. Namun demikian, ucapnya, sejumlah isu-isu strategis kabupaten Sukabumi nantinya akan menjadi pokok pikiran DPRD untuk selanjutnya bisa dimasukkan kedalam RPJMD. “Jadi kita akan bahas selama 10 hari kedepan, sampai tanggal 16 sesuai amanat undang-undang dan peraturan menteri bahwa RPJMD harus selesai bulan Juni 2021,” ujarnya.

Baca Juga  Kantor Dinas Pertanian Kabupaten Tasikmalaya Disterilkan Dengan di Semprot Cairan Disinfektan

Yudha menyatakan, sesuai ketentuan Penyusunan RPJMD tetap berpedoman pada RPJPD dan RPJMN, sehingga DPRD melakukan pembahasan program strategis pembangunan provinsi maupun pemerintah pusat.
Tadi dibahas pula mengenai mega project nasional seperti jalan tol, double track kereta api dan bandara yang
nanti akan dilekatkan pada RPJMD.
“Kita berharap dengan pembangunan mega proyek nasional di Sukabumi dapat meningkatkan daya ungkit ekonomi. Nah itu pun (RPJMN) harus dikorelasikan kedalam RPJMD yang sudah diajukan bupati dan wakil bupati sesuai dengan visi misinya,” terang Yudha. ( Rusdi )

Bagaimana tanggapan anda ?
+1
+1
+1
+1
+1
+1
+1

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here