Soal Dugaan Penyalahgunaan Dana Hibah Tim Pidsus Kejari Kota Tangsel Geledah Kantor KONI Kota Tangsel

0

TANGSEL. FOKUSPRIANGAN.ID – Adanya dugaan penyalahgunaan dana hibah Komite Olah Raga Indonesia ( KONI ) Kota Tangerang Selatan ( Tangsel ), Penyidik Kejaksaan Negeri (Kejari) Tangsel menggeledah kantor Sekretariat KONI Kota Tangerang Selatan, Kamis (8/4/21).

Kepala Kejari Tangsel, Aliansyah menjelaskan, penggeledahan dilakukan untuk mengusut dugaan penyalahgunaan dana hibah KONI Kota Tangerang Selatan senilai Rp 7,8 miliar.
“Dugaan penyalahgunaan dana hibah KONI Kota Tangerang Selatan 2019,” ujar Aliansyah dalam keterangan tertulis yang diterima, Jumat (9/4/21).

Dugaan penyalahgunaan dana hibah tersebut berawal dari kecurigaan adanya sejumlah penyelenggaraan kegiatan yang dipertanggungjawabkan secara fiktif.
Selain itu, ada dugaan lain seperti pemotongan dana hibah dan perjalanan dinas fiktif yang dilakukan oleh KONI Tangerang Selatan. Namun, Aliansyah belum merincikan indikasi total kerugian negara dari kasus dugaan penyalahgunaan dana hibah tersebut.

Dia hanya menjelaskan bahwa tim penyidik pidana khusus Kejari Tangsel mendapati sejumlah barang bukti yang berkait dengan dugaan penyalahgunaan miliaran rupiah dana hibah KONI 2019.
“Dari kegiatan penggeledahan tim penyidik mendapatkan sejumlah bukti-bukti,” kata Aliansyah.

Penggeledahan kantor sekretariat KONI Tangerang Selatan berlangsung sekitar pukul 11.45 WIB sampai 16.30 WIB.
Dari situ, penyidik mengamankan barang bukti 130 eksemplar dokumen yang dianggap berkaitan dengan dana hibah KONI Tangerang Selatan. Dokumen yang diamankan tersebut terdiri dari Surat Pertanggungjawaban penggunaan dana hibah KONI, kwitansi, dan bukti bayar.

Selain itu, terdapat satu unit komputer di Kantor Sekretariat KONI Tangerang Selatan yang turut diamankan.
“Barang-barang yang didapatkan dapatkan dari penggeledahan dilakukan penyitaan untuk kepentingan pembuktian dugaan penyalahgunaan dana hibah KONI Kota Tangerang Selatan 2019,” tandasnya.
( Muhammad Irfan )

Bagaimana tanggapan anda ?
+1
+1
+1
+1
+1
+1
+1
Baca Juga  Kepala UPTD Disdukcatpil Wilayah IV Palabuhanratu Tinjau Lokasi Bencana Kebakaran di Cikakak

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here