Kelurahan Cigantang Mangkubumi Terpilih Menjadi Lokasi Study Banding Disdukcapil Kota Depok

0

KOTA TASIK, FOKUSPRIANGAN.ID – Bertempat di Aula Kelurahan Cigantang Kecamatan Mangkubumi Kota Tasikmalaya, Kamis (01/04/2021) telah dilaksanakan kegiatan kunjungan Kepala Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) Kota Depok.

Kunjungan Kepala Disdukcapil Kota Depok ke Kelurahan Cigantang ini dalam rangka study banding soal administrasi kependudukan.

Kepala Disdukcapil Kota Depok Nuraeni Widayati menjelaskan sebelum dilaksanakannya kegiatan study banding ini, pihaknya sebelumnya telah bertemu dengan bapak Kepala Disdukcapil Kota Tasikmalaya.

Yang menjadi ketertarikan pihak kami terhadap Disdukcapil Kota Tasikmalaya adalah adanya Lomba Kelurahan terkait dengan Adminduk atau terkenal dengan program Kelurahan Sadar Adminduk (KESA).

Kebetulan untuk Kota Depok sendiri belum melakukan program seperti itu. Tapi untuk lomba Kelurahan itu adanya di Pemerintahan, yang belum ada itu spesifik tentang adminduk. Kita berencana pada tahun ini ada lomba kinerja operator pelayanan adminduk. Jadi lebih kepada personnya bukan kepada lembaganya.

Oleh karenanya kami datang ke Kelurahan Cigantang ini untuk melihat seperti apa sih juknisnya yang dipersiapkan oleh pak Kadis. Kita ingin lihat dan mengetahuinya apakah juga bisa di terapkan di Kota Depok

“Pada kesempatan ini pun saya mengapresiasi kepada Kelurahan Cigantang yang telah menampilkan monografi kependudukan dalam bentuk video yang begitu bagus dan luar biasa. Mudah-mudahan masyarakat bisa lebih aware, tadi kan pak Kadis bilang lomba Kelurahan itu kan dalam rangka gerakan Indonesia sadar adminduk. Masyarakat Tasikmalaya bisa melakukan pemutakhiran terhadap Kartu Keluarganya,sehingga akan mendapat data terbaru terkait data kependudukannya,” tuturnya.

Sementara itu Kepala Disdukcapil Kota Tasikmalaya Dr H Imih Misbahul Munir, drs.,M.Si mengatakan kegiatan ini bertukar pengalaman. Kebetulan di Kota Tasikmalaya memiliki program yang tidak dimiliki Disdukcapil Kota Depok.

Baca Juga  CEO OF KABA Group Holding Company mengecam Keras Pernyataan Presiden Prancis

Sharing ini untuk bagaimana membangun partisipasi masyarakat dalam hal kependudukan. Kita memilih Kelurahan Cigantang karena menurut kami di Kelurahan Cigantang ini bagus dalam tingkat partisipasi dalam hal kependudukannya, ini patut di contoh oleh yang lain. Kami pun bukan saja berbagi tentang lomba kelurahan saja tetapi kami pun berbagi tentang beberapa program Disdukcapil Kota Tasikmalaya,” tandasnya. (H Amir)

Bagaimana tanggapan anda ?
+1
+1
+1
+1
1
+1
+1
+1

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here