Pengurus PKP DAPM Kec Gunungtanjung Periode 2021-2026 Resmi di Kukuhkan

0

KAB. TASIK. FOKUSPRIANGAN.ID – Dengan tetap mengindahkan protokol kesehatan para pengurus PKP DAPM Kecamatan Gunungtanjung Kab Tasikmalaya, menggelar kegiatan pengukuhan dan penetapan pengurus perkumpulan kader pengelola dana amanah pemberdayaan masyarakat (PKP DAPM) Kecamatan Gunungtanjung, yang di selenggarakan di salah satu rumah makan di bilangan Jalan Letjen H.Mashudi kota Tasikmalaya. (30/03/21).

Dalam kesempatan itu turut hadir Camat Gunungtanjung Edi Ruswandi Hidayatuloh S.Pd.M.M., ketua UPK DAPM dan para pengurus UPK, Para pengurus PKP DAPM, Ketua BP dan anggota, serta undangan lainnya.

Camat Gunungtanjung Edi Ruswandi Hidayatuloh S.Pd.M.M., dalam sambutannya menyampaikan, setelah berakhirnya program pemberdayaan nasional, pemberdayaan masyarakat mandiri pedesaan, maka perlu dibentuk organisasi tingkat kecamatan sebagai pengelola kegiatan dalam rangka melestarikan aset dan hasil hasil yang diperoleh dari kegiatan program pengelolaan dana amanah pemberdayaan masyarakat tersebut perlu di bentuk pengurus sebagai penanggungjawab bentuk kegiatan yang disebut perkumpulan kader pengelola dana amanah pemberdayaan masyarakat (PKPDAPM).

Bahwa berdasarkan pertimbangan diatas, maka perlu mengukuhkan dan nenetapkan pengurus PKP DAPM, sesuai dengan Perbup.No.36.tahun 2014 tanggal 25 November 2014, tentang pelestarian hasil program nasional pemberdayaan masyarakat mandiri pedesaan di kabupaten Tasikmalaya, AD/ART PKP DAPM, SOP PKP DAPM. Kec Gunungtanjung, dan musyawarah khusus (MK) PKP DAPM kecamatan Gunungtanjung pada tanggal 11 Febuari 2021 tentang penetapan pengurus PKP DAPM Gunungtanjung Periode 2021-2026.

Lanjut Edi Ruswandi, bahwa
peraturan Pemerintah Republik Indonesia Nomor 11 tahun 2021 tentang Badan usaha milik desa, bahwa untuk melaksanakan ketentuan pasal 117 dan pasal 185, undang undang nomor 11 tahun 2020, tentang cipta kerja, perlu menetapkan peraturan pemerintah tentang badan usaha milik desa (BUM Desa).”Ucapnya.

Dalam peraturan pemerintah ini, lanjut, Camat, yang dimaksud dengan badan usaha milik desa adalah badan hukum yang didirikan oleh desa dan atau bersama desa guna mengelola usaha memanfaatkan aset, mengembangkan investasi dan produktivitas menyediakan jasa pelayanan dan atau menyediakan jenis usaha lainnya, untuk sebesar besarnya kesejahteraan masyarakat desa, dan usaha BUM Desa adalah kegiatan dibidang ekonomi dan atau pelayanan umum yang dikelola secara mandiri oleh BUM Desa.”Tuturnya.

Baca Juga  Cegah Penyebaran Covid-19, Unsur Forkopimda Pemkot Cilegon Lakukan Razia Ke Sejumlah THM

Edi menambahkan, BUM Desa Bersama (Bumdes ma), bertujuan melakukan kegiatan usaha Ekonomi melalui pengelolaan usaha, serta pengembangan investasi dan produktivitas perekonomian dan potensi desa, dengan melakukan kegiatan pelayanan umum melalui penyediaan barang dan atau jasa serta pemenuhan kebutuhan umum masyarakat desa, dan mengelola Lumbung pangan desa, memperoleh keuntungan atau laba bersih bagi peningkatan pendapatan asli desa (PAD), serta mengembangkan sebesar besarnya manfaat atas sumber daya ekonomi masyarakat desa, pemanfaatan aset desa guna menciptakan nilai tambah atas aset desa, dan mengembangkan ekosistem ekonomi digital didesa, maka hal itu dipandang perlu dalam hal pengelolahan infrastruktur.”Katanya.

Pengelola BUMdesma, itu harus sosok atau fasilitator pengurus yang profesional dan paham akan hal pengelolaan administrasi anggaran, orang tersebut yang telah terpilih dan dipercaya memegang amanah oleh pimpinan atau kepala desa disetiap desanya, hasil musyawarah antar desa,
Musyawarah antar desa (MAD) adalah musyawarah bersama antara desa dengan desa lain yang di hadiri oleh masing masing badan permusyawaratan desa, pemerintah desa, dan unsur masyarakat yang diselenggarakan atas kesepakatan masing masing kepala desa, dalam rangka kerjasama antar desa, semoga dengan kegiatan ini menjadikan bekal dan motivasi, serta silaturahmi antara stakeholder dan pengurus PKP DAPM yang telah terbentuk, semoga dengan pandang saran ini bermanfaat bagi kita semua.”Pungkasnya.

Adapun susunan pengurus PKP DAPM Kecamatan Gunungtanjung Periode 2021-2026 sebagai berikut: Ketua. Ade Imron Sanusi. Sekretaris 1 Imas Hindun, Sekretaris 2.Herli Herliandi Sidiq S.Pd.Bendahara.Hj. Aay Suharyati Anggota perwakilan H.Eman Sulaeman.
Abdul Majid. dan Ecin Kuraesin.S.Pd.

Pembina tingkat kecamatan.Camat Kec.Gunungtanjung. Pembina tingkat Desa. kepala desa.se kec. Gunungtanjung. Penasehat. H.Tarya Suryaman.SP.MP. Pengurus Badan Pengawas(BP). Ketua.H.Darus S.Pd. 1. Aceng Ramdan W S.Pd. 2.Tia Erianti.S.Sos. (Ade Joe)

Baca Juga  Kaporles Cilegon Perintahkan Jajaranya Pasang Spanduk Protokol Kesehatan
Bagaimana tanggapan anda ?
+1
1
+1
+1
+1
+1
+1
+1

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here