Plt Walikota Tasikmalaya Hadiri Sosialisasi Pembuatan Pupuk Organik JST

0

KOTA TASIK, FOKUSPRIANGAN.ID – Pupuk Organik JST (Jamu Sehat Tanaman, Tanah dan Ternak) merupakan salah satu jenis pupuk organik yang berhasil dikembangkan oleh anak bangsa yang peduli terhadap lingkungan.

Hal ini dikatakan Pelaksana Tugas Wali Kota Tasikmalaya Drs H Muhammad Yusuf saat sambutan di kegiatan Sosialisasi Pembuatan Pupuk Organik JST yang bertempat di Gedung Rukandi Lanud Wiriadinata, Selasa (30/03/2021).

Tidak sedikit pupuk yang terkadang menyebabkan kerusakan lingkungan tanaman pangan yang di produksi dengan menggunakan pupuk organik akan lebih baik dari segi nutrisi dibandingkan dengan tanaman yang diproduksi dengan penggunaan pupuk an organik. Masyarakat sebagai pasar pertanian semakin lama semakin teliti dalam mengkonsumsi pangan terutama jenis sayuran yang bersih dari unsur kimia.

Indonesia merupakan Negara Agraris yang sebagian besar penduduknya bermata pencaharian di bidang Pertanian atau bercocok tanam. Indonesia merupakan Negara yang kaya akan sumber daya alam yang dapat digunakan untuk memenuhi kebutuhan hidup manusia, terutama sumber pangan yang menjadi konsumsi sehari-hari masyarakat Indonesia.

Pupuk organik JST ini tidak hanya dapat di aplikasikan pada tanaman, namun juga dapat diaplikasikan terhadap hewan ternak, oleh karena itu saya sangat mengapresiasi dengan dilaksanakannya kegiatan sosialisasi pembuatan pupuk organik JST ini. Selain sebagai wadah silaturahmi khususnya insan pertanian di Kota Tasikmalaya, kegiatan ini juga sangat bermanfaat untuk menambah pengetahuan guna meningkatkan produksi pertanian di tengah pandemi Covid-19.

“Kepada seluruh peserta sosialisasi, saya berpesan untuk semaksimal mungkin menyerap informasi dan ilmu dari kegiatan ini agar dapat membawa faedah dalam produksi pertanian khususnya di Kota Tasikmalaya,” ucapnya.

Sementara di tempat terpisah, Danlanud Wiriadinata Letnan Kolonel Nav Djoko Purnomo,SM saat ditemui awak media menuturkan program pembuatan pupuk organik JST ini bertujuan membantu Pemerintah untuk memulihkan ekonomi nasional dimana kalau kita kembali ke sejarah, Indonesia ini kan negara agraria.

Baca Juga  Pjs Bupati Sukabumi R. Gani Muhammad Bersama Forkopimda Ikuti Rakor Anev Pelaksanaan Pilkada 2020

“Di Tasikmalaya khususnya di Lanud Wiriadinata ini punya potensi yang bisa dioptimalkan karena sebahagian dari pada masyarakat sekitar juga menggunakan lahan ini untuk bertani, saya pun melihat masih tergantung ke pupuk kimia. Mungkin salah satu cara ini, bisa mensejahterakan para petani juga, membantu Pemerintah untuk menyiapkan sebagai swasembada mungkin nanti arahnya kesana. Mudah-mudahan kalau ini nanti cocok bisa kita kembangkan. Ini sebagai project percontohan, nanti kita pun akan buatkan untuk percontohan perikanan, peternakan, pertanian, perkebunan, dan mudah-mudahan ini cocok dan bisa di manfaatkan oleh masyarakat sekitar. Tidak hanya di Tasikmalaya saja, ke depannya akan kita kembangkan pula ke wilayah Priangan Timur,” pungkasnya. (H.Amir)

Bagaimana tanggapan anda ?
+1
+1
+1
1
+1
+1
+1
+1

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here