Agar Para Bidan Dapat Paham Cara Pengisian, PKM Kawalu Gelar Sosialisasi Buku KIA Revisi Tahun 2020

0

KOTA TASIK, FOKUSPRIANGAN.ID – Buku Kesehatan Ibu dan Anak (KIA) memiliki peran yang amat penting dalam memantau kesehatan ibu hamil. Dengan telah diterbitkannya buku KIA Revisi tahun 2020, yang mana isi dalam buku tersebut ada beberapa hal yang berbeda dengan revisi tahun 2015, maka pihak Puskesmas Kawalu mengadakan kegiatan sosialisasi.

Hal tersebut dikatakan Penanggung Jawab Acara, Bidan Koordinator Puskesmas Kawalu, Nia Yuliani, ST, S.TrKeb.

Kegiatan sosialisasi ini kami selenggarakan di Aula Puskesmas Kawalu di hari Senin (29/03/2021). Peserta yang mengikuti kegiatan ini antara lain Bidan, Dokter, Tim Gizi, Programer jiwa, petugas Laboratorium dan petugas Gizi. Yang kita bahas pada kegiatan kali ini yaitu isi dari buku tersebut, cara pengisiannya. Karena memang ada beberapa hal yang membedakan pada buku KIA Revisi 2015. Terutama dalam hal screening ibu hamil resiko tinggi yang di laksanakan pemeriksaannya oleh Dokter di Puskesmas.

Pemberi materi di kegiatan sosialisasi ini yaitu Dr Eko Anggara Sulistyaji yang pokok materinya tentang screening ibu hamil beresiko tinggi dan Hj Enung Rohimah,S.ST. memberikan materi tentang sosialisasi Buku KIA dan tata cara pengisian buku tersebut Dengan telah digelarnya kegiatan ini diharapkan semua bidan dan petugas terkait lainnya dapat mengerti dan memahami buku KIA Revisi 2020 serta dapat memanfaatkannya untuk ibu hamil,” tuturnya

Sementara itu Hj Enung Rohimah,S ST pada kesempatan tersebut menjelaskan secara gamblang isi dari buku tersebut. Karena buku KIA tersebut selain sebagai media informasi, pencatatan dan monitoring, buku KIA ini juga mengintegrasikan surat keterangan lahir untuk mempermudah mendapatkan akta.

“Didalam Buku KIA Versi 2020 itu ada beberapa hal yang harus difahami yaitu :
1.Cover
2. Petunjuk penggunaan dan daftar isi
3. Identitas ibu/suami
4. Pelayanan Ibu dan Keluarga
5. Pengawasan minum Tablet Tambah Darah
6. Amanat persalinan
7. Pelayanan dokter
8. Pelayanan dokter (screening prerklampsia)
9. Pelayanan Bidan(grafik evaluasi)
10. Pelayanan Bidan (grafik peningkatan BB)
11. Pelayanan dokter trismester
12. Ringkasan pelayanan Kesehatan dr spesialis
13. Ringkasan pelayanan persalinan
14. Ringkasan pelayanan nifas
15. Rujukan dan
16. KIE,” pungkasnya. (H. Amir)

Baca Juga  Wakil Walikota Tasik Menghadiri Pelantikan Pengurus DPD PUI
Bagaimana tanggapan anda ?
+1
1
+1
1
+1
2
+1
+1
+1
+1

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here