Petani di Desa Langkapsari Berharap Pembangunan DAM Dan Pemasangan Pipanisasi Untuk Mengairi Pesawahan

0

KAB. CIAMIS.FOKUSPRIANGAN.ID – Dalam rangka upaya meningkatakan sarana prasarana pertanian, warga Desa Langkapsari, Kecamatan Banjaranyar, Kabupaten Ciamis harapkan pembangunan DAM di Sungai Kalicanra dan pemasangan pipanisasi untuk mengairi pesawahan.

Hal ini mengingat area persawahan di Blok Ranca Lentah dan Pasir Salam yang mempunyai luas sekitar 95 hektar minim akan pasokan air.

Menurut keterangan Kepala Desa Langkapsari H.Rusyan mengatakan Kami ingin meningkatkan perekonomian masyarakat melalui pertanian, karena mayoritas penduduk di Desa Langkapsari adalah petani.

“Saat ini kami mengharapakan adanya pembangunan bendungan DAM dan pemasangan Pipanisai di Sungai Kalicanra sepanjang 2,5 Km di Dusun Karangmulya Desa Langkapsari, Kecamatan Banjaranyar.

Diharapkan kalau adanya pembangunan DAM dan Pipanisasi tersebut  bisa membatu petani untuk mengairi sawah di blok Ranca Lentah dan Pasirsalam sekitar 95 hetar,” ucapnya. Sabtu (27/03/2021).

“Jadi kalau tidak di dongkrak dengan sumber air petani palig bisa satu kali panen dalam setahun, tetapi kalau DAM ini berjalan dengan baik bisa petani bisa dua kali panen.”Katanya.

Lanjut Rusyana, saat ini petani di area tersebut hanya mengandalkan pasokan air dari irigasi Sungai Ciakso.Tetapi jika datang musim kemarau paling air bisa bertahan tiga hari karena banyak yang mengunakan di area lain, jadi petani kesulitan untuk mendapatkan air,”ujarnya.

Kami berharap kepada Pemerintah Kabupaten Ciamis, melalui Dinas pertanian bisa merealisasikan harapan warga kami, karena ini sangat besar manfaatnya untuk meningkatkan perekonmian masyarakat khusunya di Desa Langkapaari,”Pungkasnya. (Revan)

Bagaimana tanggapan anda ?
+1
+1
+1
+1
+1
+1
+1
Baca Juga  Dalam Rangka Memberikan Pemahaman Dalam Cara Pembudidayaan Ikan Lele, BUMDes Nusawangi Melaksanakan Pembinaan

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here