Kasubag Pemdes; Pilkades sekarang Beda Dengan Pilkades Sebelumnya

0

KAB.TASIK. FOKUSPRIANGAN.ID – Perhelatan Akbar pemilihan kepala desa (Pilkades) serentak tahun 2021 di kabupaten Tasikmalaya akan dilaksanakan pada bulan April mendatang dengan tahapan tahapan yang semuanya sudah dilakukan oleh para kontestasi yang akan mengikuti pemilihan kepala desa ini.

Kasubag bina aparatur pemerintahan desa Amang Budiaman S.Sos M.M mengatakan bahwa untuk tahun 2021 ini peserta kontestasi pemilihan kepala desa berjumlah 73 desa dari 35 kecamatan,”ucapnya Jumat (26/03/2021).

Didalam Pilkades yang sekarang akan digelar berbeda dengan Pilkades sebelumnya yang dimana Pilkades sekarang ini dalam situasi masa pandemi covid 19 jadi harus mengikuti protokol kesehatan, dan yang membedakan dalam pemilihan tidak di pokuskan di satu titik. Untuk per TPS diharuskan 500 hak pilih dan tidak boleh lebih dari itu karena takut menyalahi protokol kesehatan dan di khawatirkan nanti ada klaster Pilkades, sekaligus Amang menghimbau kepada seluruh panitia pelaksana Pilkades untuk tegas memperhatikan prokes dan jika panitia tidak mematuhi prokes maka akan ada teguran sanksi yang akan diterima,”katanya.

Lebih lanjut Amang mengatakan kami mengintruksikan kepada BPD terkait dengan laporan pertanggungjawaban (LPJ), Jadi 6 bulan sebelum habis masa jabatan, Kepala desa wajib melaporkan laporan pertanggungjawaban kepada pihak BPD. Upaya pihak pemdes dalam mensukseskan pilkades mendatang supaya tercipta yang kondusif yaitu melibatkan Forkopimda yang diantaranya ada pihak kepolisian dari pihak TNI dari pihak Satpol PP dan itu semua masuk dalam panitia Pilkades yang pada intinya selalu berkoordinasi dengan pihak pihak terkait demi terciptanya suasana kondusif dan sukses dalam penyelenggaraan pilkades tersebut. Terkait dengan anggaran pengamanan Pilkades itu ada di satpol PP dan untuk anggaran panitia pilkades itu ada dikeuangan dengan besar 15 juta per desa, Sementara untuk di pemerintahan desa sendiri hanya teknis,”terangnya.

Baca Juga  Harga Kedelai Meroket Komisi III DPRD Kab. Sukabumi Akan Panggil DPKUKM

“Apabila pasca pilkades ada peserta yang tidak puas dengan hasil yang sudah ditentukan maka ada masa sanggah selama 3 hari untuk pengaduan ketidakpuasan dengan berjenjang yang pertama ke panitia dulu lalu ke kecamatan selanjutnya ke kabupaten dan selanjutnya ke PTUN.

Amang berharap dengan Pilkades yang sekarang ini bisa sukses kondusif jangan sampai terjadi hal-hal yang tidak di inginkan, Dan apabila ada permasalahan supaya dapat diselesaikan ditingkat panitia dan kecamatan,”pungkasnya. (Wawan)

Bagaimana tanggapan anda ?
+1
+1
+1
+1
+1
+1
+1

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here