Diduga Terlibat Penipuan Rp.1,2 Milyar Camat Lengkong Kab. Sukabumi Ditahan di Polres Sukabumi

0

SUKABUMI. FOKUSPRIANGAN.ID – Oknum Camat Lengkong Sukabumi berinisial AB telah ditetapkan sebagai tersangka dan ditahan atas kasus dugaan penipuan dan penggelapan oleh pihak kepolisian.

“Sudah tersangka dan sudah ditahan, menunggu sudah koordinasi dengan kejaksaan SPDP sudah dikirim tinggal kelanjutannya ke kejaksaan,” kata Kapolres Sukabumi AKBP Lukman Syarif kepada wartawan, Jumat (26/3/21).

Lukman menjelaskan perbuatan yang menjerat oknum tersebut bukan di ranah jabatannya sebagai camat atau jabatannya. Namun lebih kepada perbuatannya yang terkena pasal 372 dan 378 KUHPidana. “Camat itu kan kita berbicara tentang perbuatan bukan jabatannya, tipu gelap penipuan dan penggelapan. Namanya hukum itu personal bukan jabatan, kecuali ada hal tertentu yang memang karena jabatannya dia melakukan penyelewengan atau melakukan tindak pidana karena jabatannya. Nah yang terjadi ini adalah dia melakukan tindak pidana tidak ada kaitannya dengan jabatannya,” tandas Lukman.

Diberitakan sebelumnya, AB yang merupakan Camat Lengkong diperiksa berkaitan dengan masalah janji pengurusan dan pembelian tanah di daerah Tenjoresmi Citepus pada tahun 2017 lalu.
“Berkaitan dengan kejadian tahun 2017, perihal masalah janji pengurusan pembelian tanah di daerah Tenjoresmi Citepus, dengan masa pengurusan janji sekian bulan tanah berubah jadi SHM (Sertifikat Hak Milik),” ujar Rizka kepada wartawan , Selasa (23/3/21).

Faktanya sampai saat ini, ucap Rizka, itu tidak terlaksana. Saat itu yang bersangkutan belum menjabat sebagai camat.

Menurutnya, hal Itu menjadi dasar. Mengenai penggunaan uang dan siapa yang terlibat, ini masih kita dalami. “Sedang dilakukan pemeriksaan lebih lanjut. Nilai kerugian korban sekitar Rp 1,2 miliar,” tandasnya. ( Rusdi )

Bagaimana tanggapan anda ?
+1
+1
+1
+1
+1
+1
+1
Baca Juga  Pelajar Sukabumi Dicabuli di Toilet Komplek Peribadatan di Cikole

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here