Bupati Bogor Resmikan SPAM Warga Tenjo Sekarang Tidak Akan Kekeringan Lagi

0

BOGOR. FOKUSPRIANGAN.ID – Sejak 2013 Kecamatan Tenjo Kabupaten Bogor yang terdiri dari 9 Desa dihadapkan dengan permasalahan sulitnya kebutuhan air bersih terutama pada musim kemarau. Peran Pemerintah Daerah sangat penting guna memenuhi kebutuhan dasar masyarakat dalam hal penyediaan Sarana Air Bersih.

Pemda Kabupaten Bogor melalui Dinas PUPR membangun Water Treatment Plant (WTP). “Hari ini saya resmikan bangunan SPAM (Sistem Penyediaan Air Minum) WTP di Desa Bojong Kecamatan Tenjo, untuk menjawab keluhan warga Tenjo selama ini. Walau sempat mangkrak, tapi saya terus dorong pembangunan SPAM ini, sampai hari ini Alhamdulillah dapat saya resmikan” kata Bupati Bogor Ade Yasin. (24/3/21).

Ade Yasin mengatakan, kapasitas WTP ini berkapasitas 20liter/detik yang akan difungsikan untuk mengairi 9 (sembilan) Desa di Kecamatan Tenjo. Perlu diketahui, ucapnya, pembangunan SPAM (Sistem Penyediaan Air Minum) ini dilaksanakan sudah sejak tahun 2015 yakni saat periode Bupati Rahmat Yassin, mulai dari pembebasan lahan sampai konstruksi.
“Saya harap keberfungsiaan WTP ini bisa dioptimalkan sebaik mungkin, sehingga distribusi kebutuhan air bisa merata dan dirasakan oleh semua lapisan masyarakat dari rumah ke rumah. Saya titip air ini kepada masyarakat, tolong gunakan airnya dengan bijak,” ujarnya.

Ade Yasin menambahkan, dengan memiliki lokasi strategis yakni berbatasan langsung dengan Tangerang, kedepan Kecamatan Tenjo ini akan semakin cepat berkembang. Semakin banyak dilirik oleh developer dan investor.

Sementara, Kepala Dinas PUPR Kabupaten Bogor juga menginformasikan bahwa Water Treatment Plant (WTP) atau Instalasi Pengolahan Air (IPA) adalah sistem atau sarana yang berfungsi untuk mengolah Air dari kualitas Air Baku (influent) terkontaminasi untuk mendapatkan perawatan kualitas air yang diinginkan sesuai standar mutu atau siap untuk di konsumsi. “Water Treatment Plant (WTP) atau Instalasi Pengolahan Air (IPA) ini merupakan sarana yang penting di seluruh dunia yang akan menghasilkan air bersih dan sehat untuk di konsumsi,” tandas Soebiantoro. ( Arip Rahman )

Baca Juga  Pemdes Desa Gardu Sayang Salurkan BLT DD Tahap 8 Kepada 177 Keluarga Penerima
Bagaimana tanggapan anda ?
+1
+1
+1
+1
+1
+1
+1

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here