Mengenal Masjid Sumpah di Lingkungan Terate Udik Kelurahan Masigit

0

CILEGON, FOKUSPRIANGAN, ID – Kelurahan Masigit Kecamatan Jombang Kota Cilegon ternyata memiliki potensi destinasi wisata religi yang cukup menarik untuk di eksplore.

Lingkungan Terate Udik yang masuk di wilayah Kelurahan Masigit tersebut terdapat nilai-nilai sejarah. Seperti yang diungkapkan oleh Lurah Masigit Rohimin, saat berbincang-bincang di program Klub Mari Bicara, Selasa (23/3/2021).

“Di lingkungan Terate Udik terdapat masjid sumpah. Menurut tokoh masyarakat setempat menjelaskan bahwa masjid sumpah itu berdiri sebelum kerajaan Banten. Bahkan pejabat lurah disini itu disebut Waliullah ada ki Lurah Rouf Jayalaksana,” Ujar Rohimin yang akrab disapa Bang Ay.

Ia menceritakan, bahwa konon masjid sumpah itu dijadikan untuk perkembangan agama Islam.

“Jadi di masjid sumpah itu, orang di sumpah kemudian masuk islam. Jadi mitosnya kalo disumpah disitu kalau berbohong akan terjadi hal-hal yang tidak diinginkan,” tuturnya.

Menurutnya, hingga saat ini masih banyak warga yang tertarik untuk mendatangi masjid sumpah. Karena berdasarkan penuturan dari tokoh masyarakat ataupun tokoh kesepuhan di lingkungan Terate Udik tersebut terdapat lima makam waliullah.

“Satu diantara dari lima waliullah tersebut adalah Ki Lurah Rouf Jayalaksana. Konon katanya Lurah pertama di Banten di kenal dengan kebaikan dan kejujurannya. Ada cerita oleh tokoh masyarakat setempat. Memang ini masjid katanya muncul sendiri tidak ada yang membangun tapi muncul sendiri,” Ucap Bang Ay.

Ia berharap, dengan adanya potensi wisata religi yang ada di Kelurahan Masigit tersebut dinas terkait yang menangani kepariwisataan agar kedepan bisa dijadikan destinasi wisata.

“Kita juga sudah buat chanel youtube untuk mempermudah masyarakat ada lima tempat ziarah di makam sumpah itu. Ya mudah-mudahan bisa dijadikan destinasi wisata,” Harap Bang Ay. (Aan.SGT)

Baca Juga  Konferensi MWC Nahdlatul Ulama Kecamatan Rancah Tahun 2020 Sukses Digelar
Bagaimana tanggapan anda ?
+1
+1
+1
+1
+1
+1
+1

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here