Masyarakat RW 05 Kelurahan Cipawitra Ikuti Giat Skrining PTM Dari Nakes dan Kader PTM

0

KOTA TASIK, FOKUSPRIANGAN.ID – Tenaga Kesehatan UPTD Puskesmas Mangkubumi dibantu Kader PTM Kelurahan Cipawitra bertempat di Kampung Gn Reog RT 05 RW 05 Kelurahan Cipawitra melaksanakan kegiatan Skrining PTM, Kamis (18/03/2021).

Programer Penyakit Tidak Menular( PTM) Hj Tati Kurtiasih saat ditemui usai kegiatan mengatakan Skrining Penyakit Tidak Menular (PTM) merupakan salah satu upaya kesehatan masyarakat (UKM) yang berorientasi kepada upaya promotif dan preventif dalam pengendalian penyakit tidak menular dengan melibatkan masyarakat mulai dari perencanaan, pelaksanaan dan monitoring-evaluasi.

Yang masuk kedalam Penyakit Tidak Menular itu Diabetes Melitus ( DM) dan Hipertensi (Tekanan Darah Tinggi). Skrining PTM dilakukan kepada masyarakat yang berumur dari 15 tahun sampai umur 59 tahun. Yang masuk usia produktif. Pada setiap kegiatan skrining kami dibantu oleh para Kader PTM Kelurahan. Untuk kegiatan di Cipawitra kami di bantu oleh Kader PTM dibawah kepemimpinan Linlin Darlianti yang beranggotakan Meti Setiawati,Mimin,Heni, Sri Matmawati.Di kegiatan skrining ini dilakukan pemeriksaan tensi darah, penimbangan berat badan, pengukuran tinggi badan, lingkar perut, pemeriksaan gula dan kolesterol. Kegiatan yang di laksanakan di Gunung Reog ini merupakan kegiatan yang ke 8 kalinya kami adakan. Hasil dari kegiatan skrining ini akan divalidasi berapa yang normal dan berapa yang bermasalah. Pengamatan kami selama ini, dari masyarakat yang mengikuti skreening sebanyak 60 orang yang di dapatkan normal masih dibawah 10 orang, yang lainnya hipertensi, pra hipertensi dan DM. Ini bentuknya kan hanya skrining untuk kelanjutannya biasanya ada rujukan ke pihak Puskesmas atau pihak Puskesmas Mangkubumi ada kunjungan ke pasien yang bermasalah untuk tindak lanjutnya, ada bagiannya di Puskesmas,” ucap Hj Tati. (H.Amir)

Baca Juga  Mati Suri, Enam BUMDes di Kota Banjar Direvitalisasi
Bagaimana tanggapan anda ?
+1
1
+1
+1
2
+1
+1
1
+1
+1

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here