Kepala Dusun Cikuya Peringati Warganya Jangan Buang Sampah Sembarangan Ke Sungai

0

KAB,CIAMIS.FOKUSPRUANGAN.ID – Kepala Dusun Cikuya, Desa Langkapsari, mengaku kesulitan sadarkan wargaya untuk tidak membuang sampah sembarangan ke sungai.

Sungai Nyalindung yang lokasinya ada di Dusun Cikuya, Desa Langkapsari, Kecamatan Banjaranyar, Kabupaten Ciamis, Jawa Barat terlihat jelas di penuhi sampah rumahan yang di duga di buang oleh warga sekitar.

Menurut Yudiana, hal tersebut di picu dengan tidak adanya Bank sampah di sekitar rumah warga dan kurangnya kesadaran masyarakat akan dampak bahaya buang sampah ke sungai.”Ucapnya Senin (15/03/21).

“Padahal dirinya sudah sering kali untuk memberikan peringatan atau himbauan kepada warganya untuk tidak mengulangi membuang sampah ke sungai Nyalindung.”Ujarnya.

Karena dampak yang di timbulkan dari membuang sampah ke sungai bisa  mencemarkan lingkungan, dan juga dapat mengakibatkan banjir,”jelasnya.

Sementara menyikapi hal tersebut, Kepala Desa Langkapsari H.Rusyana mengatakan untuk penenganan sementara pihaknya akan memerintahkan kepala Dusun Cikuya agar memasang papan informasi berupa himbauan di lokasi.

“Sedangkan untuk penangan sampah di Desa Langkapsari kedepanya, kami akan bekerjasama dengan pihak KP2RL Kabupaten Ciamis untuk menghidupkan Bank sampah yang nantinya akan di kelola oleh karang taruna,” ucapnya.

Kebetulan pada hari jumat kemarin kami sudah mengadakan pelatihan pengelolaan lingkungan hidup berbasis Bank samapah (KP2RL) Kabupaten Ciamis dengan melibatkan Karangtaruna,BPD dan lembaga Desa lainnya.”Ujarnya.

“Mudah mudahan ini bisa menyelesaikan permasalahan sampah di Desa Langkapsari dan bisa menyadarkan masyarakat untuk membuang sampah pada tempatnya.

Rusyana berharap, kepada warga yang suka buang sampah ke tempat tersebut agar bisa segera sadar,”bahwa buang sampah sembarangan dapat berdampak buruk bagi lingkungan dan kesehatan warga sekitar.

“Kami mengajak kepada seluruh warga Desa Langkapsari tidak buang sampah sembarangan dan berprilaku pola hidup sehat jangan buang sampah sembarangan,”Pungkasnya. (Revan)

Bagaimana tanggapan anda ?
+1
+1
+1
+1
+1
+1
+1
Baca Juga  Pemdes Mekarsari Gelar Pelatihan Peningkatan Kapasitas Linmas

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here