Kegiatan Posyandu Remaja Cikiray Cigantang di dampingi Nakes PKM Mangkubumi

0

KOTA TASIK, FOKUSPRIANGAN.ID – Posyandu Remaja Kelurahan Cigantang Kecamatan Mangkubumi Kota Tasikmalaya, mengambil tempat di salah satu sarana pendidikan yang beralamat di Jalan Cikiray Cigantang RT 003 RW 011 melaksanakan suatu inovasi kegiatan yang berkaitan dengan masalah kesehatan, Sabtu (13/03/2021).

Dalam melaksanakan kegiatannya, Posyandu Remaja dibantu dan didampingi oleh Tenaga Kesehatan dari UPTD Puskesmas Mangkubumi.

Bagian Programer Anak UPTD Puskesmas Mangkubumi Hj Wiwin Wintarsih,S.Tr.Keb mengatakan kegiatan Posyandu yang dilaksanakan para kader remaja ini merupakan kegiatan yang kedua kalinya pasca pembentukan Posyandu remaja beberapa bulan ke belakang.

Tenaga medis yang juga turut serta pada kegiatan ini yaitu bagian promotor Bidan Indri Kusumawati Am Keb dan bagian UKS yaitu Entin Deniwati, AMKG.

Apa yang menjadi program Pemerintah bahwa remaja itu menjadi pondasi untuk generasi yang akan datang jadi otomatis kita harus memaksimalkan untuk pembangunan dimasa depan itu dari mulai remaja.

Remaja yang kuat, yang sehat, yang cerdas akan terbentuk Negara yang kuat dan nantinya berkembang. Tujuan digelarnya kegiatan Posyandu Remaja ini untuk menunjang program Pemerintah dimana kita juga harus mendukung program pembangunan Pemerintah, salah satunya di awali dengan kegiatan di Posyandu remaja

Dalam posyandu remaja itu kan ada kadernya juga, dimana kader remaja ini berfungsi untuk mengevaluasi atau memantau kesehatan teman-teman remaja yang berada di wilayahnya. Karena Posyandu remaja ini termasuk UKBM (Usaha Kesehatan Berbasis Masyarakat). Kami dari pihak Puskesmas bersifat memfasilitasi untuk layanan kesehatan saja. Jadi kita pemberdayaan remaja-remaja yang mempunyai potensi menjadi kader remaja.dan langkahnya dimulai dari awal yaitu pendaftaran kemudian pengukuran berat badan, tinggi badan, lingkar lengan atas, lingkar perut dan pengukuran tekanan darah oleh anak-anak remaja dan kemudian ke meja pencatatan karena bahan untuk evaluasi dan ada pula meja penyuluhan dan di meja pelayanan oleh petugas kesehatan.

Baca Juga  Kepala Desa Buniasih, Merasa Bangga Desa Buniasih Terpilih Jadi Tempat Pelantikan Ketua TP PKK Se-Kec.Kadipaten

“Kita di sini sebagai tenaga kesehatan dari Puskesmas kita berharap remaja-remaja yang ada terutama di wilayah kerja Puskesmas Mangkubumi secara umum dan di wilayah Cikiray khususnya mereka bisa teredukasi tentang kesehatannya agar mempersiapkan diri menjelang masa depan yang lebih baik lagi,” harapnya. (H.Amir)

Bagaimana tanggapan anda ?
+1
1
+1
+1
+1
1
+1
+1
+1

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here