Wabup Sukabumi Aspesiasi Keberadaan Lembaga Pendidikan TPQ dan TQA

0

SUKABUMI. FOKUSPRIANGAN.ID – Forum Komunikasi Pendidikan Alquran (FKPQ) meluncurkan penyelenggaraan Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) Alquran di Kabupaten Sukabumi. Kegiatan yang disertai sosialisasi ini, dilaksanakan di Aula Baazul Ashab Pusbangdai, Kecamatan Cikembar serta dihadiri Wakil Bupati Sukabumi Iyos Somantri, Kamis (11/3/21).

Iyos mengapresiasi keberadaan lembaga pendidikan Taman Kanak kanak Alquran (TKQ), Taman Pendidikan Alquran (TPQ), dan Talimul Quran Lil Aulad (TQA). Menurutnya lembaga pendidikan semacam itu harus terus tumbuh di Kabupaten Sukabumi. “Ketika lembaga ini tumbuh dan berkembang di masyarakat, bisa berkontribusi dalam mempersiapkan pemimpin cerdas yang berkarakter Islami dan Qurani sejak dini,” ujarnya.

Iyos menambahkan, PAUD Alquran merupakan jenis pendidikan baru. Hal itu pasca adanya Surat Keputusan Dirjen Pendidikan Islam Kementerian Agama RI No 91 tahun 2020 tentang Penyelenggaraan Pendidikan Alquran. “Dalam SK tersebut, terdapat penambahan jenis pendidikan yaitu jenjang pendidikan Alquran Usia Dini,” ucapnya.

Oleh karena itu, tambah Iyos, pengembangan PAUD tersebut harus didukung semua pihak untuk mencetak generasi Qurani serta mencetak pemimpin yang religius dan inovatif. Hal itu pun sejalan dengan visi Kabupaten Sukabumi yang religius, maju dan inovatif menuju masyarakat sejahtera lahir dan batin. “Kedepannya bisa turut serta bahu membahu membangun Kabupaten Sukabumi yang mandiri dan maju. Makanya perlu kolaborasi yang baik antara ulama, masyarakat, dan pemerintah,” ungkapnya.

Masyarakat juga dihimbau supaya memanfaatkan dengan baik keberadaan PAUD Alquran ini. Terutama dalam meningkatkan kualitas motorik, intelektual, emosional, bahasa, dan sosial pada anak Usia 4-6 tahun. “Tentu saja dengan nuansa Qurani dan menjadikan Rasulullah SAW sebagai Uswatun hasanah,” terangnya.

Ketua FKPQ Kabupaten Sukabumi Ali Iskandar mengatakan, sosialisasi ini untuk meningkatkan wawasan pendidikan Alquran. Khususnya, dalam rangka mencetak putra putri Indonesia yang berkualitas, beriman, dan berakhlak mulia. “Maka dari itu, kegiatan ini diikuti guru PAUD se-Kabupaten Sukabumi. Sehingga bisa memberikan pencerahan dalam membina generasi yang bernuansa Alquran dan beriman,” terangnya.

Baca Juga  Walikota: Dengan Adanya Kampung Wisata Pasir Pataya Yang Ada di Kota Tasikmalaya Dapat Menumbuhkan Sektor Perekonomian

Ali menekankan bahwa generasi muda akan melanjutkan estafet kepemimpinan karenanya perlu ditopang akhlak yang mulia. “Perlu akhlak yang mulia untuk membangun Indonesia yang jaya dan makmur,” tegasnya.

Kegiatan tersebut diakhiri dengan penandatangan nota kesepahaman antara DPD PKPQ Kabupaten Sukabumi dengan Tim Nasional Pendidikan Mutu Pendidikan Agama Islam (PMPAI) dilanjutkan dengan penyerahan izin operasional PAUD Alquran kepada Al Fitriah. Tak hanya itu, dilakukan pula penganugerahan Bunda PAUD Alquran kepada Hj Yani Jatnika Marwan. ( Rusdi )

Bagaimana tanggapan anda ?
+1
+1
+1
+1
+1
+1
+1

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here