Terapkan Metode Penyinaran, Petani Buah Naga di Desa Cilangkap Berhasil Tingkatkan Produksi

0

KAB. TASIK. FOKUSPRIANGAN.ID – Petani buah naga di Dusun Cicae Desa Cilangkap Kec.Manonjaya Kab.Tasikmalaya menggunakan metode penyinaran ultraviolet untuk memperbanyak produksi sehingga pendapatannya bertambah.

Dadang salah seorang petani buah naga di Dusun Cicae Desa Cilangkap, mengaku menggunakan metode penerangan penyinaran ultraviolet, produksi buah naga yang ditanamnya di lahan seluas dua hektare hasilnya bagus. Sehingga dari hasil panen bisa memuaskan dan menambah pendapatan,”ucapnya.

Lanjut Dadang, setelahnya menggunakan metode tersebut, produksi buah naga di lahan milik nya bisa mencapai empat kali panen dalam itungan setahun, dengan metode penyinaran ultraviolet yang saya terapkan membuat pohon jadi hangat saat malam hari, serangga juga akan lebih tertarik pada lampu yang menyala dan tidak mendekati bunga atau buahnya, jadi produksi kebun buah naga saya naik,”jelasnya.

Penggunaan metode penyinaran ultraviolet agar bisa berubah sepanjang tahun, dalam satu tahun kita bisa sampai empat kali panen,jadi dalam waktu tiga bulan pohon itu berbuah, dengan cara ini, itupun harus dengan perawatan ekstra, terutama pemeliharaan dan sistem rangsangan penyinaran ultraviolet,”katanya.

“Jika berbicara alami, lanjutnya, biasanya pohon buah naga hanya berbuah satu kali dalam setahun, yakni dibulan Desember, di metode ini pada pohon buah naga untuk penyinaran di efektifkan hanya sekitar dua puluh hari, sedangkan dalam satu hari memerlukan delapan jam, lalu kita diamkan selama empat sampai tujuh hari, kemudian bunga yang di rangsang akan keluar, selanjutnya dua puluh hari bunga akan mekar, setelah empat puluh hari buahnya siap dipanen,”imbuhnya.

Syukur Alhamdulillah apa yang kita harapkan pasca panen diluar musim walaupun dimasa pandemi Covid 19, bisa menopang hidup sehari hari.

Kami tentunya bisa berkah, membiayai kebutuhan keseharian, kedepannya kami para petani buah naga termasuk saya, berharap kepada pemerintah kabupaten, Provinsi maupun pusat yang sudah mengetahui pekerjaan ini, agar bisa memperhatikan para petani buah naga, khususnya di desa Cilangkap kec Manonjaya, agar bisa memiliki rumah produksi sendiri, karena kami semua selaku petani buah naga ini tidak munafik selalu kesulitan dan keterbatasan dalam permodalan.”Pungkasnya. (Ade Joe).

Bagaimana tanggapan anda ?
+1
+1
+1
+1
+1
+1
+1
Baca Juga  Ketua DPRD Kab. Sukabumi Carikan Solusi Bagi Pedagang Bensin Eceran yang Dirugikan Akibat Maraknya SPBU Mini

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here