Ini Yang Disampaikan Kepala Puskesmas Mangkubumi Di Kegiatan Seminar Kesehatan Cipawitra

0

KOTA TASIK, FOKUSPRIANGAN.ID – Kegiatan Seminar Kesehatan yang dilaksanakan oleh Mahasiswa-mahasiswi Universitas Siliwangi angkatan 18 di Aula Kelurahan Cipawitra Rabu 10 Maret 2021 mengambil judul “Keluarga Cerdas Cegah Covid-19 Dengan Germas” disambut antusias warga Kelurahan Cipawitra Kecamatan Mangkubumi Kota Tasikmalaya.

Tampak hadir pada kegiatan tersebut Camat Mangkubumi yang di wakili oleh Kasi Pemerintahan H Agus Herla, Lurah Cipawitra Tata Tahyudin, S.Sos, Babinsa Kelurahan Cipawitra Serka Noto S, Bhabinkamtibmas Kelurahan Cipawitra Bripka Imat S, Ketua LPM Kelurahan Cipawitra Asep Momo serta tamu undangan lainnya.

Dalam materi yang di sampaikan, Kepala Puskesmas Mangkubumi H Arif Prianto,S.Kep Ners,S.Sos., M.Si mengatakan dengan adanya Pandemi Covid-19 ini kita tersadarkan bahwa kita selama ini lengah terhadap masalah kesehatan. Yang sebetulnya masalah kesehatan itu sudah di ajarkan tidak hanya di dunia pendidikan tetapi agama pun sebetulnya sudah mengajarkan. Kita pun sudah banyak mengenal kaitan dengan bagaimana kita supaya hidup sehat didalam Agama pun demikian dalam bab Toharoh bab suci.

Cuma, dalam masalah kesehatan sering kita dihadapkan dengan perilaku yang ada kalanya perilaku itu tidak sesuai dengan harapan.

Pada kesempatan ini pun kami menyampaikan beberapa hal kepada para peserta antara lain Indikator Perilaku Hidup Bersih dan Sehat, Data Sarana Akses Jamban Layak, Data Kasus Covid dan tentang Vaksinasi Covid-19.

Indikator Perilaku Hidup Bersih Sehat di Kelurahan Cipawitra mencakup Persalinan sudah mencapai 100%, memberi ASI eksklusif sudah mencapai 100%, menggunakan air bersih 98%, menggunakan jamban sehat baru 75%, memberantas jentik di rumah 94%, makan buah dan sayur setiap hari 75%, melakukan aktifitas fisik setiap hari 95%, dan status rumah tangga yang berPHBS 57%, Status rumah tangga yang tidak berPHBS 43%.

Baca Juga  Dalam Rangka Pencegahan Dan Penanggulangan Penyebaran Virus Covid-19 Pemdes Karangmulya Anggarkan 17 Peralatan Dari Anggaran Dana Desa

Vaksinasi Covid-19 adalah bagian penting dari upaya penanganan pandemi Covid-19 yang menyeluruh dan terpadu meliputi aspek pencegahan dengan penerapan protokol kesehatan. Tujuan utama vaksinasi Covid-19 adalah mengurangi / transmisi penularan Covid-19, menurunkan angka kesakitan dan kematian akibat Covid-19. Mencapai kekebalan kelompok di masyarakat dan melindungi dari Covid-19 agar tetap produktif secara sosial dan ekonomi.

“Dalam hal vaksinasi ini, harapan saya mudah-mudahan kepada para peserta yang hadir terutama kepada para tokoh agama dan alim ulama silahkan memberikan penjelasan akan pentingnya vaksinasi bagi masyarakat melalui pengajian-pengajian di wilayahnya masing-masing,” harapnya. (H. Amir)

Bagaimana tanggapan anda ?
+1
1
+1
2
+1
+1
+1
+1
+1

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here