Kabid Koperasi dan UMKM Banjar; Koperasi Bina Asih Mandiri Super Sehat

0

KOTA BANJAR. FOKUSPRIANGAN.ID – Rapat anggota tahunan (RAT) Koperasi Bina Asih Mandiri tahun tutup buku 2020 mendapat banyak apresiasi positif.

Salah satunya disampaikan oleh Kepala Bidang Koperasi dan UMKM pada Dinas KUKMP Kota Banjar, Tatang Nugraha.

Ia mengatakan, Koperasi Bina Asih Mandiri merupakan koperasi yang sehat bahkan super sehat. Menurutnya, hal tersebut dilihat dari aspek pembukuan, aktifitas dan aspek lainnya.

“Koperasi Bina Asih Mandiri ini satu dari dua puluh satu koperasi di Kota Banjar yang sudah melaksanakan RAT. Dinas KUKMP sendiri menargetkan 30 koperasi bisa RAT tahun ini. Dari total 80 an koperasi yang terdata,” ucapnya.

Dengan pencapaian ini, pihak Dinas KUKMP Kota Banjar memberikan reward berupa satu buah laptop.

Kedepan, Tatang menginginkan, Koperasi Bina Asih mandiri bisa mengembangkan usahanya ke sektor riil, bukan hanya simpan pinjam.

“Salah satunya dengan membuka market UMKM. Karena saya lihat anggota Koperasi Bina Asih Mandiri banyak pelaku UMKM,” jelasnya.

Menurutnya, melihat potensi dan eksistensi Koperasi Bina Asih Mandiri, hal tersebut sangat mungkin bisa dilakukan.

“Pengembangan pada sektor usaha ini juga sebagai wujud pemberdayaan anggota. Dari anggota dan untuk anggota,” ungkapnya.

Merespon hal tersebut, Ketua Koperasi Bina Asih Mandiri, Hendi Suryadi, mengatakan, bahwa ia sudah merancang konsep untuk mewujudkan hal tersebut.

Hendi menambahkan, selain rencana membuka market UMKM, ia juga berencana untuk mengajak anggotanya berinvestasi.

“Konsepnya pada layanan keuangan transfer Bank. Saat ini saya sudah bermitra dengan beberapa Bank. Saya ingin kedepannya, anggota ini bukan hanya menabung saja, tapi ikut berinvestasi pada layanan ini,” harapnya.

Dalam pandangannya, kebutuhan masyarakat akan kebutuhan layanan keuangan tidak bisa dipungkiri lagi. Sudah hampir merupakan kebutuhan.

Baca Juga  Jadi Marinir Gadungan Untuk Incar Janda Kaya. Petualangannya Berakhir Dijeruji Penjara

“Prospeknya bagus, kita menawarkan kemudahan pada layanan ini. Karena pada layanan ini, masyarakat tidak perlu ke kantor Bank untuk transfer. Tidak perlu repot ngantri juga,” jelasnya.

Ia berharap, dengan pencapaian tahun 2020, Koperasi Bina Asih Mandiri bisa menjadikan pencapaian tersebut sebagai motivasi di tahun 2021 ini.

“Selain rencana tadi, tahun 2021 ini kita ingin meningkatkan sisa hasil usaha. Tahun 2020 kita memperoleh SHU sebesar 73 juta rupiah, semoga tahun ini bisa mencapai 100 juta rupiah,” ucapnya. (Abid)

Bagaimana tanggapan anda ?
+1
+1
+1
2
+1
+1
+1
+1

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here