PaudQu Se-Kota Tasikmalaya di Launching

0

KOTA TASIK, FOKUSPRIANGAN.ID – PAUD Al Qur’an (PaudQu) adalah sejenis Pendidikan Keagamaan Islam dengan jenjang anak usia dini yang bertujuan untuk mengenalkan baca, tulis tahfid, mengamalkan kandungan Al Qur’an melalui pembiasaan sehari-hari, hal ini di katakan Ketua DPD Badan Komunikasi Pemuda Pemuda Remaja Masjid Indonesia (BKPRMI) Kota Tasikmalaya Nuki Anwar Sidik,S.HI saat ditemui di sela-sela kegiatan Launching Paud Al Qur’an se-Kota Tasikmalaya di Aula Kementerian Agama Kota Tasikmalaya, Kamis (04/03/2021).

Launching PaudQu se-Kota Tasikmalaya ini dilaksanakan oleh Kasubdit Pendidikan Al Qur’an Direktorat Pendidikan Diniyah dan Pondok Pesantren Kementerian Agama, Dr H. Sarpani, M.Pd.

Dengan digelarnya launching PaudQu ini diharapkan lebih terbentuknya lembaga pendidikan yang berkualitas yang mana nantinya adalah karena PaudQu ini bentuknya formal akan ada perhatian yang serius dari Pemerintah untuk Pendidikan Keagamaan.

PaudQu sama dengan TK Al Qur’an (TKA) namun kalau TK Al Qur’an tidak ada anggaran apa pun dari Pemerintah. Untuk pola pembelajarannya sama dengan TK Al Qur’an dimana anak bisa baca Al Quran, kemudian materi hapalan surah pendek kemudian pembiasaan dalam sehari-hari. Untuk PaudQu lebih kepada pembiasaan sehari-hari. Nanti di dalam kurikulum PaudQu ada pembiasaan Sholat seperti apa penyampaiannya, bukan hanya menyampaikan materi saja akan tetapi lebih ke pembiasaan anak supaya terbiasa, jadi ketika di ajarkan Shalat nanti bagaimana anak itu terbiasa dalam kehidupan sehari-hari melaksanakan Shalat.

Dengan telah terbentuk nya PaudQu dengan izin PaudQu akan sama dengan Raudlatul Athfal (RA) dan ke depannya akan dapat Biaya Operasional. TK Al Qur’an itu kan dalam pelaksanaannya ada dua waktu yaitu pagi dan siang. Namun lembaga TK Al Qur’an yang pagi saja. Nah lembaga ini akan kita dorong siapnya mau ke TAAM atau mau ke PaudQu. Kalau yang siang itu tetap TKA.

Kegiatan ini merupakan momentum penting dalam pendidikan Al Qur’an bagi generasi penerus bangsa.

Baca Juga  Desa Rancah Salurkan Bantuan Pangan Non Tunai

Kalau tidak ada perubahan, pada bulan-bulan Maret 2021 ini kita dari BKPRMI Kota Tasikmalaya pun akan melaunching Gema Sakinah (Sakinah Center).

Dimana pada Sakinah Center ini termasuk didalamnya akan di adakan pembinaan remaja masjid mulai pra nikah kemudian pembinaan-pembinaan yang lainnya termasuk pembinaan yang berjenjang lainnya, seperti tata cara pengurusan jenazah dan pelatihan jurnalistik.

PaudQu yang sudah di ajukan se-Kota Tasikmalaya ada sekitar 125 lembaga. Pada kesempatan hari ini hanya lima lembaga saja. Yang lainnya bertahap. Karena PaudQu ini merupakan lembaga formal, untuk tenaga pendidik nya minimal SMA atau S1, pungkasnya. (H.Amir)

Bagaimana tanggapan anda ?
+1
1
+1
1
+1
+1
+1
+1
+1

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here