Puskesmas Kawalu Laksanakan Sosialisasi dan Launcing Posyandu Remaja

0

KOTA TASIK, FOKUSPRIANGAN.ID – Sebagai bentuk kepedulian terhadap remaja yang berada di wilayah binaan, maka dengan mengambil tempat di Aula Kecamatan Kawalu, Puskesmas Kawalu menyelenggarakan kegiatan sosialisasi dan launching Posyandu Remaja.

Penanggung Jawab Upaya Kesehatan Masyarakat (PJUKM) Puskesmas Kawalu Hj Enung Rohimah,S.ST memberikan pemaparan tentang Posyandu Remaja kepada yang hadir. Kehadiran Posyandu remaja di tengah masyarakat selain memberikan dampak juga memberikan arti terhadap pelayanan kesehatan remaja secara menyeluruh.

Posyandu Remaja merupakan salah satu bentuk kegiatan Upaya Kesehatan Bersumber daya Masyarakat (UKBM) yang di kelola dan di selenggarakan dari, oleh, untuk dan bersama masyarakat termasuk remaja dalam penyelenggaraan pembangunan kesehatan .

Puskesmas Kawalu, pada sekitar akhir tahun 2020 kita sudah melaksanakan survey mawas diri yang di wakili oleh beberapa rumah tangga termasuk remaja, Alhamdulillah hasil dari survei itu bahwa remaja membutuhkan adanya suatu wadah, dimana para remaja itu bisa mengakses atau pun memberikan manfaat pada warga sekitar atau pada remaja itu sendiri dengan di bentuknya Posyandu Remaja. Alhamdulillah para remaja menyambut antusias hal ini. Jadi pada kesempatan ini kita menentukan 1 orang dulu menjadi pengurus Posyandu Remaja dari setiap Kelurahan. Namun tidak menutup kemungkinan ke depannya, Posyandu Remaja ini ada juga di tingkat RW.

“Untuk tujuan Posyandu Remaja antara lain meningkatkan Pendidikan Keterampilan Hidup Sehat (PKHS), meningkatkan pengetahuan dan keterampilan remaja tentang Kesehatan Reproduksi Remaja (KRR), masalah kesehatan jiwa, pencegahan penyalahgunaan NAPZA, gizi, aktifitas fisik dan pencegahan penyakit tidak menular. Keanggotaan Posyandu Remaja ini maksimalnya 50 orang remaja berusia 10-18 tahun,”jelasnya

Di tempat terpisah Kepala Puskesmas Kawalu Asep Hermawan mengatakan dengan kompleksnya kesehatan pada remaja,tentulah memerlukan penanganan yang melibatkan semua unsur.

Baca Juga  Salut...,Kang H.Yanto Oce Melalui Balad A.Yanto Oce Kembali Bantu Warga

“Posyandu Remaja yang di sosialisasikan kali ini untuk di tingkat Kelurahan, ke depannya mudah-mudahan Posyandu Remaja di tingkat RW bisa terbentuk. Dengan adanya Posyandu Remaja ini dapat menjadi sebuah wadah untuk memfasilitasi para remaja dalam memahami permasalahan kesehatan menuju kehidupan yang lebih bersih dan sehat,” tandasnya. (H.Amir)

Bagaimana tanggapan anda ?
+1
2
+1
+1
+1
+1
+1
+1

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here