Kelompok Gula Aren Jaya Berharap Pemerintah Mendorong Peningkatan Melalui UMKM

0

KAB TASIK. FOKUSPRIANGAN.ID – Kelompok Gula Aren jaya dusun Cintaasih desa Citalahab kec. Karangjaya kab. Tasikmalaya berharap pemerintah dorong peningkatan produksi gula aren melalui usaha kecil menengah dan mikro (UMKM).

Produk gula aren dapat menjadi penggerak pertumbuhan roda perekonomian daerah atau kearifan lokal salah satu daerahnya itu sendiri. Seperti halnya di di Dusun Cintaasih Desa Citalahab Kec. Karangjaya kab. Tasikmalaya, berharap kepada pemerintah melalui dinas terkait untuk mendorong dalam hal usaha kecil menengah dan mikro (UMKM).

Heri Krispati selaku ketua kelompok Aren jaya saat ditemui di kediamannya pada selasa (02/03/2021), menuturkan bahwa pihaknya telah mampu menyerap tenaga penyadap pohon aren sebanyak 40 orang (Petani), Kami bersama kelompok bekerja keras bersama-sama untuk meningkatkan kualitas gula aren itu sendiri.”Ucapnya.

Di akuinya, hingga saat ini produksi gula aren menjadi komoditi unggulan masyarakat kec. Karangjaya khususnya di kampung kami (Cintaasih) desa Citalahab ini, karena hal tersebut didukung oleh bahan baku perkebunan aren yang cukup melimpah terutama binaan dari Kelompok Gula Aren Jaya.” Ujarnya.

Heri menambahkan, dengan kehadiran usaha produksi gula arennya dapat memberikan sumbangsih pada daerahnya menjadi penghasilan asli daerah (PAD), mendongkrak terhadap pertumbuhan ekonomi masyarakat setempat.”Ia, juga menyampaikan bahkan dalam satu bulan biasanya mampu memproduksi kurang lebih sekitar 6 kwintal, belum itu juga dari para petani gula yang bisa menghasilkan tidak kurang dari 2 ton dalam satu bulan, dari hasil tersebut yaitu gula dipasok atau dipasarkan ke beberapa pasar yang ada di kota dan Kabupaten Tasikmalaya, bahkan ke luar daerah lainnya.”Imbuhnya.

“Kami berharap bersama para anggota kelompok kepada Pemerintah daerah, Provinsi maupun Pusat ada perhatian khusus serta didorong dengan adanya UMKM, supaya kedepannya ada peningkatan kualitas produk dan bisa berkembang pesat, hal tersebut guna mendongkrak peningkatkan pertumbuhan ekonomi masyarakat pedesaan (ekonomi kerakyatan).”Pungkas Heri. (Ade Joe)
Editor: Galih

Bagaimana tanggapan anda ?
+1
+1
+1
+1
+1
+1
+1
Baca Juga  Wabup Subang Serahkan 39 Unit Motor Kepada Kepala Desa

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here