Satgas Terpadu PPKM Kelurahan Mangkubumi Laksanakan Kegiatan Tracing Sekaligus SWAB Masal

0

KOTA TASIK, FOKUSPRIANGAN.ID – Dengan adanya dugaan yang kontak erat dengan warga yang terkonfirmasi positif Covid-19, Tim Satgas Terpadu Penerapan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Berskala Mikro Kelurahan Mangkubumi Kecamatan Mangkubumi Kota Tasikmalaya melaksanakan kegiatan tracing ke Perum Kacapi Indah Blok G7 RT 03 RW 10, sekaligus pelaksanaan SWAB masal, Jum’at (26/02/2021).

Selain Tim Satgas Terpadu, tampak hadir di kegiatan tersebut tim dari UPTD Puskesmas Mangkubumi, Camat Mangkubumi H Dahlan Arifin S.IP, serta warga sekitar.

Lurah Mangkubumi Erik Nurbani S.STP menyampaikan dengan adanya informasi dan laporan yang mengatakan bahwa di Perum Kacapi Indah di RT 04 Rw 10 ada kegiatan arisan ibu-ibu dimana ada salah seorang anggota pada arisan tersebut setelah menjalani SWAB hasilnya positif.

Menindak lanjuti hal tersebut dan untuk memastikan kondisi warga yang melakukan kontak erat dengan pasien positif Covid-18, Lalu pihak gugus tugas terpadu tingkat Kelurahan yang terdiri pihak Kelurahan Mangkubumi, Babinsa, Bhabinkamtibmas dan unsur Kesehatan dari UPTD Puskesmas Mangkubumi melakukan test SWAB masal di wilayah itu.

Pada kegiatan SWAB ini syukur Alhamdulillah pihak Puskesmas Mangkubumi yang juga berkordinasi dengan Dinas Kesehatan Kota Tasikmalaya memfasilitasi pelaksanaan SWAB ini. Pada kegiatan ini warga yang dilakukan SWAB ini ada sekitar 20 orang dikarenakan telah melakukan kontak erat,” jelas Erik.

Untuk kegiatan yang telah di laksanakan oleh Tim Satgas Terpadu Kelurahan Mangkubumi kepada warga untuk mencegah penyebaran Covid-19 ini telah melaksanakan berbagai kegiatan, tambahnya.

“Kegiatan yang telah kami lakukan antara lain sosialisasi berupa pemasangan panflet di tempat umum yang memang di sinyalir dipakai untuk berkerumunnya masyarakat, saat di lapangan apabila kami mendapatkan ada masyarakat yang tidak menggunakan masker kami pun melakukan tindakan berupa peneguran dan arahan kepada yang bersangkutan,” katanya.

Baca Juga  Pemdes Sukaluyu Perketat penyebaran Virus Covid19 Dengan Bentuk Posko Dan Lakukan Penyemprotan Disinfektan

Di tempat terpisah, Camat Mangkubumi H Dahlan Arifin,S.IP mengapresiasi kegiatan yang telah dilaksanakan oleh tim Satgas Posko Terpadu Penanganan Covid-19 dan PPKM Skala Mikro tingkat Kelurahan Mangkubumi yang begitu tanggap dan cepat aksi dalam memutus penyebaran Covid-19 khususnya di wilayah Kelurahan Mangkubumi. Ini sebagai bentuk rasa tanggung jawab dari Satgas Posko Terpadu Kelurahan

“Kami pun ucapkan terima kasih kepada pihak UPTD Puskesmas Mangkubumi yang telah berkordinasi dengan Dinas Kesehatan sehingga pelaksanaan SWAB masal ini dapat berjalan lancar. Mudah-mudahan ini menjadi motivasi bagi Kelurahan lainnya. Kami menghimbau kepada warga yang berada di Kecamatan Mangkubumi jangan sungkan kalau ada keluarga atau klaster yang sifatnya keluarga atau arisan dan seterusnya diminta untuk dapat segera memberikan informasi, sehingga Satgas pun dapat dengan cepat menanganinya,” himbau H Dahlan. (H.Amir)

Bagaimana tanggapan anda ?
+1
1
+1
+1
+1
+1
+1
+1

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here