H Muhammad Yusuf : Penghulu Dalam Melaksanaksn Tugas Harus Profesional, Jujur dan Transparan

0

Reporter: H.Amir

KOTA TASIK, FOKUSPRIANGAN.ID – Proses pernikahan Warga Negara Indonesia, Penghulu memiliki peran viral yang sangat dominan sekali. Tidak hanya dalam perspektif fikih munakkahat saja, akan tetapi juga dalam aspek administrasi, pihak- pihak yang terlibat dalam prosesi pernikahan senantiasa harus disajikan secara jujur dan transparan, sehingga tidak di dapatkan manipulasi data yang mengakibatkan fasakhnya pernikahan. Sebagaimana yang di amanatkan dalam Undang-undang No 16 tahun 2019 tentang perubahan atas UU 1 tahun 1974 tentang perkawinan yang merupakan yuridis formal dan pegangan oleh para Penghulu.


Hal tersebut disampaikan Pelaksana Tugas Walikota Tasikmalaya Drs H Muhammad Yusuf dalam sambutannya di kegiatan Pelantikan dan pengukuhan Pengurus Cabang Asosiasi Penghulu Republik Indonesia (APRI) Kota Tasikmalaya periode 2021-2025,disalah satu Gedung pertemuan di Jalan Letnan Harun Kota Tasikmalaya, Rabu (24/02/2021).

Atas nama pribadi dan Pemerintah Kota Tasikmalaya saya merasa gembira dan sekaligus mengucapkan selamat atas terselenggaranya acara pelantikan ini yang saya pandang penting sebagai wahana pembinaan dan pengembangan kompetensi penghulu agar berintegritas menjalin persatuan dan kesatuan sesama penghulu serta sebagai wadah bagi penghulu dalam menyampaikan dan memperjuangkan aspirasinya.

Jabatan profesi penghulu harus mengedepankan profesionalitas dalam melaksanakan tugas. Dimana profesional itu bekerja menggunakan ilmu pengetahuan, bikan perasaan atau intuisi semata

“Dalam bertugas pun seorang penghulu selain profesional juga harus bekerja dengan menjunjung tinggi etika moral yang tumbuh di masyarakat, jangan sampai ada penghulu yang melakukan pelanggaran,-pelanggaran baik yang melanggar aturan hukum maupun pelanggaran moral dan spiritual,” tegasnya.

Bagaimana tanggapan anda ?
+1
1
+1
+1
+1
+1
+1
+1
Baca Juga  Salahsatu Pengelola Tempat Hiburan Malam di Kota Cilegon Diduga Abaikan Surat Instruksi Walikota

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here