Tahun Ini Target 5000 Sertifikat PTSL di Kota Bogor

0

KOTA BOGOR. FOKUSPRIANGAN.ID – Kantor Pertanahan Kota Bogor telah mewujudkan Bogor Kota Lengkap Terpetakan untuk keseluruhan bidang tanah di Kota Bogor pada 2020.

Kini, dalam program Pendaftaran Tanah Sistematis Lengkap (PTSL) 2021 melaksanakan percepatan sertifikat dari sisa bidang tanah yang sudah terpetakan.
“Tahun ini targetnya ada 5.000 bidang dari jumlah sekitar 30.000 bidang yang terakumulasi dari tahun-tahun sebelumnya, sudah terukur tapi belum bersertifikat,” kata Kepala Seksi Infrastruktur Pertanahan pada Kantah Kota Bogor, Yoga Munawar, Selasa (23/2/21).

Ia menjelaskan, tentunya penyertifikatan itu akan dilakukan secara bertahap dengan target 5.000 bidang tanah pada tahun ini. Bersamaan dengan proses itu, pihaknya juga melakukan penyisiran terhadap sisa bidang tanah yang belum terukur. “Jadi untuk program PTSL tahun ini menyertifikatkan 5.000 bidang, juga menyirsir sisa bidang tanah belum terukur yang diperkirakan jumlahnya 3.000 bidang,” paparnya.

Namun, Yoga mengungkapkan berdasarkan data secara keseluruhan sudah terpetakan berjumlah 303.791 bidang tanah. Dengan begitu, Kantah Kota Bogor telah selesai melaksanakan pembangunan Bogor Kota Lengkap Terpetakan di 68 kelurahan 6 kecamatan. “Bogor Kota Lengkap fungsinya banyak. Untuk BPN sendiri untuk menunjang kedepan dalam pelayanan elektronik, salah satunya adalah penertiban sertifikat,” terang Yoga.

Selain itu, sambung dia, apabila data sudah terbangun peta maka bisa menghindari sengketa pertanahan. Sedangkan bagi Pemerintah Kota Bogor dengan adanya Bogor Kota Lengkap Terpetakan dapat dimanfaatkan untuk update data PBB ataupun perencanaan wilayah dan pembangunan. ( Arip Rahman )

Bagaimana tanggapan anda ?
+1
+1
+1
+1
+1
+1
+1
Baca Juga  Plt Walikota Tasikmalaya Buka Acara Kick Off Meeting dan Konsultasi Publik Rancangan Awal RKPD Kota Tasikmalaya 2022

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here