Jalan Tol Seksi 2 Cigombong – Cibadak Akan Rampung 2021

0

SUKABUMI. FOKUSPRIANGAN.ID – Konstruksi Jalan Tol Ciawi-Sukabumi seksi 2 (Cigombong-Cibadak) akan rampung pada medio 2021. Ruas tol ini akan menghubungkan Jakarta dengan Kota dan Kabupaten Sukabumi. Hal tersebut ditegaskan Badan Pengatur Jalan Tol (BPJT).

Kepala BPJT Danang Parikesit mencatat konstruksi ruas tol tersebut memiliki panjang 11,9 Kilometer dengan proses konstruksi mencapai 75,5 persen. Adapun, perkembangan pembebasan lahan ruas tol tersebut telah mencapai 96,58 persen.  “Nantinya, setelah Jalan Tol Ciawi-Sukabumi beroperasi akan semakin mendongkrak iklim usaha serta peningkatan perekonomian di wilayah Bogor, maupun Sukabumi dan sekitarnya,” kata Danang, dikutip dalam keterangan tertulis di laman resmi BPJT, Selasa (23/2/21).

Danang mencatat waktu tempuh dari Sukabumi ke Ciawi saat ini sekitar 1-2  jam. Adapun, pengoperasian Jalan Tol Ciawi-Sukabumi akan memangkas waktu tempuh tersebut menjadi sekitar 15-30 menit.  Di samping itu, waktu tempuh Jakarta menuju Pelabuhan Ratu akan dipangkas menjadi sekitar 2,5 jam.  Seperti diketahui, Jalan Tol Ciawi-Sukabumi dibangun dan akan dioperasikan oleh PT Trans Jabar Tol dengan panjang total sekitar 54 Kilometer. Konstruksi Jalan Tol Ciawi-Sukabumi dibagi menjadi empat seksi, yakni seksi 1 (Ciawi-Cigombong), seksi 2 (Cigombong-Cibadak), seksi 3 (Cibadak-Sukabumi Barat), dan seksi 4 (Sukabumi Barat-Sukabumi Timur).
“Adapun, konstruksi seksi 1 telah rampung dan mulai beroperasi sejak Desember 2019. Sementara itu, pengerjaan seksi 2 dijadwalkan rampung pada Juni 2021, sedangkan konstruksi seksi 3 dan seksi 4 dijadwalkan akan rampung pada 2023 dan 2024,” terangnya.(Rusdi)

Bagaimana tanggapan anda ?
+1
+1
+1
+1
+1
+1
+1
Baca Juga  Tolak THR Dicicil, Ribuan Buruh Dua Garmen di Sukabumi Lakukan Unjuk Rasa

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here