Mati Suri, Enam BUMDes di Kota Banjar Direvitalisasi

0

Reporter : Zaenal Abidin

KOTA BANJAR. FOKUSPRIANGAN.ID – Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa, Kesbangpol Kota Banjar akan melakukan pembenahan pada BUMDes yang mati suri.

Kepala Bidang PMD, Ine Kurniasari, mengatakan, pembenahan pada BUMDes mati suri tersebut harus dilakukan untuk mendorong dan menaikan PAD desa.

“Dari enam belas desa di Kota Banjar semuanya sudah mempunyai BUMDes. Untuk saat ini yang sudah aktif ada sepuluh BUMDes dan enam BUMDes mati suri,” ujarnya.

Ine melanjutkan, dari sepuluh BUMDes aktif tersebut, dua diantaranya masuk kategori maju yaitu, BUMDes Desa Mekarharja dan Desa Kujangsari.

Sementara untuk enam BUMDes yang mati suri diantaranya, BUMDes Balokang, BUMDes Cibeureum, BUMDes Jajawar dan BUMDes Neglasari terletak di Kecamatan Banjar.

“Sementara dua BUMDes lagi ada di Kecamatan Pataruman yakni, BUMDes Batulawang dan BUMDes Karyamukti,” jelasnya, Senin (22/2/21).

Menyikapi hal tersebut, Ine mengatakan, pihaknya akan melakukan revitalisasi sebagai langkah untuk membenahi enam BUMDes tersebut.

Revitalisasi akan dilakukan dengan melakukan perombakan pada struktur kepengurusan kemudian pendataan ulang aset-aset BUMDes.

“Revitalisasi sudah mulai dilakukan di BUMDes Jajawar dan Neglasari. Semoga 2021 ini semua BUMdes bisa aktif,” ungkapnya.

Menurut Ine, tidak berkembangnya BUMDes ini karena pada awalnya, rata-rata BUMDes di Kota Banjar terpaku pada simpan pinjam uang.

Selain itu, pengawasan internal yang kurang maksimal dan kepengurusan yang tidak jelas memperparah keterpurukan enam BUMDes ini.

“Untuk itu, saat ini pihaknya selalu memberikan masukan dan arahan terkait tata kelola BUMDes ini,” katanya.

Ia berharap, dengan revitalisasi ini, semua BUMDes di Kota Banjar bisa aktif dan maju. Sehingga BUMDes sebagai salah satu instrumen peningkatan PAD desa bisa memberikan dampak positif.

Bagaimana tanggapan anda ?
+1
+1
+1
+1
+1
+1
+1
Baca Juga  Balon Bupati Tasikmalaya Azies Rismaya Mahpud Gelar Istighosah Dan Tabligh Akbar Sekaligus Resmikan Primajasa Exhibition Center

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here