DKUKMP Kota Banjar Ajukan 27 Ribu Lebih UMKM Pada Program PEN Tahap Dua

0

Reporter: Zaenal Abidin

KOTA BANJAR. FOKUSPRIANGAN.ID – Dinas Koperasi Usaha Kecil Menengah dan Perdagangan (DKUKMP) Kota Banjar mengajukan lebih dari 27 ribu pelaku UMKM pada program PEN 2020 tahap dua.

Per tanggal 27 Februari 2021, berdasarkan data laporan yang diterima DKUKMP Kota Banjar dari pihak Bank BRI, dari pengajuan 27 ribu lebih pelaku UMKM, 23.376 UMKM telah lolos verifikasi data sebagai penerima bantuan BPUM PEN tahap dua.

Hal tersebut disampaikan oleh Kepala Bidang UMKM pada dinas KUKMP Kota Banjar, Tatang Nugraha, saat ditemui Fokuspriangan.id di ruang kerjanya, Senin (22/2/21).

Ia menjelaskan, dari 23.376 yang lolos verifikasi,89 persen sudah melakukan pencairan dan 11 persen sisanya masih menunggu antrian untuk pencairan.

“Berdasarkan data tersebut, masih ada 4 ribu lebih UMKM yang belum bisa dipastikan bisa melakukan pencairan. DKUKMP Banjar masih menunggu pemberitahuan keputusan dari pemerintah pusat terkait hal tersebut,” jelasnya.

Menurutnya, dari 4 ribu lebih pelaku UMKM yang kemungkinan tidak bisa cair tersebut, dikarenakan belum acc atau ada ketentuan lain. Pihaknya masih menunggu surat edaran keterangan dari pemerintah pusat.

“Pencairan sampai bulan Maret. Semoga dari 4 ribu yang belum ada kepastian, 2 ribu nya bisa melakukan pencairan,” harapnya.

Untuk informasi terkait dilanjutkan atau tidak BPUM PEN ini, Tatang belum bisa memastikan hal tersebut. Menurutnya, hal tersebut dikarenakan DKUKMP Kota Banjar belum menerima surat edaran resmi dari pemerintah pusat.

“Pasti kami sosialisasikan kalau sudah ada surat edaran resmi dari pemerintah,” ujarnya.

Untuk itu, ia mengingatkan masyarakat, khususnya pelaku UMKM Kota Banjar untuk tidak langsung mempercayai informasi terkait perpanjangan BPUM di tahun ini.

“Waspada informasi tidak bertanggung jawab dan formulir online yang menjanjikan bantuan pendaftaran BPUM,” imbau Tatang.

Bagaimana tanggapan anda ?
+1
+1
+1
+1
+1
+1
+1
Baca Juga  Pemberlakuan PPKM Skala Mikro di 86 Desa/Kelurahan dan di 29 Kecamatan Se Kabupaten Sukabumi

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here