Terkait Program Kerja Tahun 2021 TP PKK Kec.Sukaresik Gelar Rakor

0

Reporter: Anton

KAB TASIK.FOKUSPRIANGAN.ID – Tim Penggerak PKK tingkat Kecamatan Sukaresik, melaksanakan Rapat Koordinasi (Rakor) program kerja PKK tahun 2021, bersama ketua tim penggerak PKK tingkat Desa se kecamatan Sukaresik, yang mengambil tempat di aula Kecamatan Sukaresik, Kabupaten Tasikmalaya, Jawa Barat, Sabtu (20/2/2021).

Ketua tim penggerak PKK tingkat kecamatan Sukaresik Ade Fatimah, S.Pd, Usai acara ditemui, mengatakan hari ini kami melaksanakan kegiatan Rapat Kordinasi (Rakor), terkait Program Kerja PKK tahun 2021.

Dalam rapat tersebut tadi saya menyampaikan yang pertama untuk tiap pokja kesekretariatan, kemudian Pokja 1,2,3,4, yang mudah-mudahan bisa menjadi acuan untuk dilaksanakan di desa – desa “, Kata Ade Fatimah.

Masih menurut Ade Fatimah mengacu
berdasarkan10 program PKK yang terbagi dalam 4 Pokja itu, diantaranya bidang pendidikan, KKBPK dan kegiatan-kegiatan yang meningkatkan kesejahteraan keluarga itu yang dilaksanakan”, Ungkapnya.

Disinggung terkait Tim PKK Desa Sukaratu sebagai Juara 1? Ia menjelaskan kebetulan pada tahun 2019 kecamatan Sukaresik, itu sebagai pelaksana Kesra KKBPK yang Alhamdulillah diwakili oleh Desa Sukaratu, tempatnya di kampung pesantren dan kita mendapatkan penghargaan sebagai juara terbaik di kabupaten Tasikmalaya. Insya Allah dan mudah mudahan kecamatan Sukaresik, terus meraih juara. Dengan harapan karena PKK itu sebagai garda terdepan yang mendukung program pemerintah dan semoga program- program yang sudah direncanakan bisa terlaksana dengan baik. Sehingga keadaan keluarga di kecamatan Sukaresik itu menjadi keluarga yang memiliki ketahanan yang kuat.” Tandasnya.

Sementara ditempat yang sama Opan Sopian S.Pd, M.Pd,M.SI., Camat Sukaresik, menambahkan, saya selaku pembina itu mengarahkan agar organisasi PKK ini memiliki program yang aktual, dan kongkrit, karena sekarang situasinya dalam situasi pandemi covid 19. Maka PKK juga harus menyusun program – program nya yang ada kaitannya dengan pemutusan rantai penyebaran covid 19.” Ucap Opan Sopian.

Masih dikatakan Opan Karena PKK tersebar dari mulai kecamatan, Desa, sampai ke Kedusunan, itu harus diarahkan yang, kongkrit parsitipasi dalam berbagai kegiatan, PKK disetiap organisasi wabil khusus di struktur organisasi gugus tugas tingkat Kecamatan, Desa dan sampai ke Rt – Rw berfungsi atau berada di unit pencegahan jadi bisa sebagai duta – duta yang bisa mengedukasi kepada masyarakat agar melaksanakan prokes. Di harapkan nantinya bisa membantu pemerintah, membantu Negara, dan membantu masyarakat, jadi kalau sekarang hanya sebatas di tingkat kecamatan, tanpa ditindak lanjuti maka tidak akan efektif.” Ujarnya.

“Tetapi kalau dilaksanakan di setiap Desa, karena Desa memiliki tiga kedusunan, dan tiga kepunduhan atau wilayah, itu bisa dibentuk lagi PKK, yang akan lahir lagi tingkat ke Rt an, kalau sudah semua terbentuk nantinya akan lahir sejumlah relawan PKK yang bertugas memberikan edukasi kepada masyarakat tentang pencegahan penyebaran covid-19,”Ujarnya.

Ia berharap PKK tingkat Kecamatan Sukaresik, bisa menjadi motivator, menjadi fasilitator, dalam segala kegiatan seperti sekarang ini. Jadi nantinya kalau ada persoalan-persoalan berkaitan teknis bagaimana materi yang disampaikan seperti apa maka mereka berkumpul di PKK tingkat kecamatan, dan Camat Ketua gugus tugas, dan puskesmas,” Ia juga menyampaikan tentang penjelasan terkait vaksin. Yang mana telah disampaikan jangan sampai urusan vaksin itu menjadi konsumsi orang – orang yang bikin hoax, jadi ke masyarakat nya tidak nyaman dan masyarakat tidak merespon dengan adanya vaksin, kita harus memberikan pemahaman kepada masyarakat, Alhamdulilah para kader sudah pada tahu, dan akan menyebarkannya kepada masyarakat, terkait vaksin.setelah di berikan pemahaman kepada masyarakat, Minimal bisa melawan informasi – informasi yang sifatnya kurang bagus kalau ini sudah berjalan dengan baik dan masif Insya Alloh akan lebih tenang”, Pungkasnya.

Bagaimana tanggapan anda ?
+1
+1
+1
+1
+1
+1
+1
Baca Juga  Antisipasi Pohon Tumbang, BPBD Kota Tasikmalaya Serta Personil Koramil 1224/Cpds Tebang Pohon di Jalan RE Marthadinata

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here