Kesejahteraan Penyuluh Agama Non ASN Butuh Perhatian Semua Pihak

0

Reporter: Zaenal Abidin

Kab. Ciamis, FOKUSPRIANGAN.ID – Keberadaan penyuluh agama di setiap daerah menjadi tonggak penting terciptanya kualitas kehidupan beragama di Indonesia.

Penyuluh agama di bawah Kementerian Agama Republik Indonesia (Kemenag RI) memiliki empat fungsi atau tugas utama yakni edukatif, informatif, konsultatif, dan perlindungan terhadap masyarakat.   

Hal tersebut disampaikan oleh Dirjen Bimas Islam Kemenag RI, Kamaruddin Amin, saat menghadiri acara peresmian gedung balai nikah manasik haji dan kantor KUA kecamatan di aula Kankemenag Ciamis, Kamis (18/2/21).

Ia mengatakan, beban besar yang diemban para penyuluh agama tersebut, memang belum berbanding lurus dengan kesejahteraan mereka. Khususnya penyuluh agama Non ASN.

Untuk itu, ia sangat mengapresiasi apabila pemerintah daerah bisa memfasilitasi, minimal untuk kendaraan operasional mereka dalam menjalankan tugas sehari-hari sebagai penyuluh agama.

“Untuk penyuluh Non ASN, mereka mendapat honor sebesar 1 juta rupiah per bulan. Sementara, untuk penyuluh yang ASN sama dengan ASN lainnya” jelasnya.

Ia menegaskan, pemerintah melalui Kementerian Agama terus berupaya meningkatkan kesejahteraan para penyuluh agama, khususnya penyuluh agama Non ASN.

“Sebanyak 45 ribu dari 50 ribu penyuluh agama di seluruh Indonesia masih berstatus Non ASN. Ini tentu harus menjadi perhatian kita bersama,” ujarnya.

Menurutnya, status 45 ribu penyuluh agama Non ASN tersebut tergantung dengan kondisi makro negara.

“Setiap tahun, kita selalu mengajukan penambahan kuota penyuluh agama fungsional kepada pemerintah. Tapi memang tidak bisa instan. Harus bertahap,” ungkapnya

Ia berjanji akan terus berupaya untuk memperjuangkan kesejahteraan mereka, baik dari segi honor maupun upaya pengangkatan sebagai ASN.

Bagaimana tanggapan anda ?
+1
+1
+1
+1
+1
+1
+1
Baca Juga  Muharman Koto Kembali Terpilih Secara Aklamasi Pimpin Ketua IPSI Cilegon Periode 2021-2025

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here