Puluhan Rumah di Pesisir Pantai Palabuhanratu Terancam Tergerus Akibat Gelombang Tinggi Menghantam

0

Reporter: Rusdi

SUKABUMI. FOKUSPRIANGAN.ID – Gelombang tinggi yang terjadi di perairan Palabuhanratu mengancam puluhan rumah yang berada di pesisir pantai Palabuhanratu, Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat. Kini rumah tersebut sudah begitu dekat dengan bibir pantai.

Rumah itu berada di Kampung Cipatuguran RT 01 dan 02 RW 02, Kelurahan Palabuhanratu, Kecamatan Palabuhanratu, Kabupaten Sukabumi. Peristiwa ini terjadi sejakĀ gelombang tinggiĀ yang menerjang sejak bulan Oktober 2020 lalu.
Ketua RW 21 Ujang Sudira mengatakan, sejumlah rumah di RT 01 kini berjarak 7 sampai 8 meter dari bibir pantai. Kemudian di RT 04 ada rumah yang sudah rapat dengan air. Jumlah keseluruhan rumah yang terancam tergerus ombak, kurang lebih 20 rumah.

Untuk mengantisipasi kerusakan lebih parah, warga sudah melakukan koordinasi untuk meminta penambahan pembangunan bronjong kepada PT Indonesia Power (IP) dan instansi terkait di Pemerintah Kabupaten Sukabumi. “Dulu ini pernah terjadi seperti ini, kalau tidak salah pada bulan 9 (September) 2020 ada pembangunan penahan ombak dari bronjong, panjang 1.000 meter bantuan dari Indonesia Power, Alhamdulillah dikerjakan dengan baik dan ada buktinya ini,” jelasnya.

Namun, ucap Ujang, namanya juga alam jadi tidak bisa menyalahkan kepada pihak manapun, setelah adanya bronjong datang ombaknya lebih besar. “Bisa dibilang kekuatan bronjong misalkan 70 persen, kekuatan air 100 persen kencangnya, jelas rusak lagi,” kata Ujang, Selasa (16/02/21).

Atas kejadian ini warga meminta pemerintah kabupaten, provinsi maupun pusat memberikan solusi agar warga pesisir tidak khawatir. “Kami memohon kepada pemerintahan supaya secepat ini dibangun lagi, atau mencari solusi yang terbaik buat kenyamanan masyarakat. Kekhawatiran saya, ini kan abrasi terus menerus sudah hampir ke rumah. Ini dari pemerintah kabupaten, provinsi ataupun pusat harus secepatnya sebelum hilangnya nyawa manusia,” tandasnya.

Bagaimana tanggapan anda ?
+1
+1
+1
+1
+1
+1
+1
1
Baca Juga  Dalam Rangka Upaya Pencegahan Penyebaran Wabah Corona GP Ansor Jaktim Semprotkan Cairan Desinfektan

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here