Wakil Presiden RI, Ma’ruf Amin, Serahkan Bantuan Untuk Korban Banjir Subang

0

Reporter: Agus Yogi

KAB.SUBANG. FOKUSPRIANGAN.ID – Wakil Presiden RI, Ma’ruf Amin melakukan kunjungan kerja ke Kecamatan Pamanukan, Subang berkaitan dengan peninjauan lokasi pasca terjadinya banjir yang melanda Kabupaten Subang, di halaman Kantor Kecamatan Pamanukan. Sabtu (13/02/2021).

Dalam kunjungannya tersebut Wakil Presiden RI menyerahkan bantuan secara simbolis kepada perwakilan pengungsi korban banjir di Kabupaten Subang.Bantuan tersebut berupa 1.500 paket sembako dari Presiden RI, 200 paket alat kebersihan yang terdiri dari ember plastik, gayung, kain lap, sapu lidi bertangkai, pel bertangkai, sikat bertangkai, dan pel dorong bertangkai yang merupakan dukungan dari Kementerian Sosial. Selanjutnya bantuan dari BNPB yang terdiri dari 10.000 Rapid test, 300.000 Masker, 5.000 Sarung dan 1.000 Matras.

Wakil Presiden RI dalam sambutannya menyampaikan keprihatinannya atas mushibah banjir yang melanda di berbagai daerah termasuk di Kabupaten Subang. Pihaknya juga menekankan bahwa penanganan bencana tidak bisa dilakukan oleh unsur pemerintah saja, akan tetapi juga melibatkan semua pihak untuk tetap melakukan beragam aksi nyata mitigasi bencana dan penanganan pasca bencana.

“Tidak bisa hanya sendirian pemerintah dapat menangani bencana. Sehingga organisasi nonpemerintah serta pihak swasta juga diharapkan ikut memberikan kontribusinya, yang secara kolaboratif akan sangat menentukan keberhasilan rehabilitasi dan rekonstruksi pasca bencana,” ungkapnya.

Sementara Bupati Subang, H. Ruhimat dalam sambutannya mengungkapkan Banjir di kawasan Subang Utara ini kerap kali terjadi sejak tahun 2015 dan terus terulang setiap tahunnya sehingga memberikan kerugian yang cukup besar.” Pihaknya juga menyampaikan bahwa permasalahan banjir tahunan di Kabupaten Subang khususnya di kawasan Pantura harus menjadi perhatian pemerintah pusat karena bisa mengancam keberadaan Pelabuhan Patimban sebagai proyek stragis nasional.

Namun sebagai upaya penanganan rekonstruksi pasca bencana, Pemerintah Daerah juga telah merumuskan rencana jangka pendek yang harus segera dilakukan serta rencana jangka panjang untuk mencegah terjadinya banjir tahunan.

*Sumber: Humas Setda Kab.Subang*

Bagaimana tanggapan anda ?
+1
+1
+1
+1
+1
+1
+1
Baca Juga  Kembali Kegiatan Tracking Kepada Warga Kelurahan Cipawitra di lakukan Tenaga Medis PKM Mangkubumi

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here