Puskesmas Mangkubumi Gelar Lokmin Lintas Sektor dan Sosialisasi PPKM Berbasis Mikro Serta Pembentukan Posko Penanganan Covid-19 Tingkat Kelurahan

0

Reporter : H Amir

KOTA TASiK, FOKUSPRIANGAN.ID – Guna menjelaskan segala permasalahan yang terkait masalah kesehatan yang ada di wilayah kerja UPTD Puskesmas Mangkubumi dan meningkatkan sinergitas bersama lintas sektor, bertempat di Aula Kecamatan Mangkubumi telah dilaksanakan Lokakarya mini (Lokmin), Kamis (11/02/2021).

Kegiatan tersebut dihadiri pula oleh Camat Mangkubumi H Dahlan Arifin,S.IP, Kapolsek Mangkubumi IPTU E Wijaya,S.Sos, Danposramil Kecamatan Mangkubumi Pelda Hendra, Para Lurah, para Babinsa dan para Bhabinkamtibmas yang berada di wilayah kerja Puskesmas Mangkubumi ,Ketua Penyuluh Agama Islam Kecamatan Mangkubumi Ustad Anri Suhanri,S.Sy serta tamu undangan lainnya.

Kepala UPTD Puskesmas Mangkubumi H Arif Prianto S Kep.Ners dalam penyampaiannya menyebutkan pada kegiatan lokakarya mini tribulanan di bulan Februari 2021 kali ini dirangkaikan pula dengan Sosialisasi Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Berbasis Mikro dan Pembentukan Posko Penanganan Covid-19 tingkat Kelurahan di lingkungan wilayah kerja Puskesmas Mangkubumi.


“Tujuan digelarnya kegiatan lokakarya mini ini untuk memaparkan beberapa kegiatan dan capaian Puskesmas serta sasaran yang sudah dilaksanakan pada tahun 2020 yang lalu. Diantaranya pada kesempatan tersebut saya menjelaskan bahwa pada tahun 2020 di wilayah kerja Puskesmas Mangkubumi terdapat 10 penyakit besar yaitu
1. Commond Cold dengan jumlah 5702
2. Gastritis dengan jumlah 4264.
3. Hypertensi dengan jumlah 2487
4. Dermatitis dengan jumlah 2225
5. Myalgia dengan jumlah 2062
6. Obs.Felaris dengan jumlah 1731.
7. Faringitis dengan jumlah 610.
8. Diare dengan jumlah 588.
9. Rhematoid artritis engan jumlah 585.
10. Cepolgia dengan jumlah 449,” jelasnya.

Memang diakui tanpa bantuan lintas sektor kami tidak bisa menjalani. Terutama dalam hal vaksinasi kepada masyarakat, tambahnya.

“Boro,-boro masyarakat, tenaga kesehatan pun masih ada yang mangkir untuk di vaksin. Tetapi bagi nakes sendiri pihak kami sudah memberikan ultimatum kepada yang bersangkutan. Diharapkan ke depannya program-program yang telah direncanakan dapat tercapai secara maksimal, terutama PPKM Berbasis Mikro,” tandasnya.

Baca Juga  Sosok Joni Darmawan Dimata Staf Pengajar SMA Negeri 10 Kota Tasikmalaya
Bagaimana tanggapan anda ?
+1
+1
+1
1
+1
+1
+1
+1

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here