Dua Rumah Milik Warga Dusun Sindangsari Rt 09 Rw 03 Desa Kalijaya Terancam Terbawa Longsor

0

Reporter: Revan

KAB,CIAMIS.FOKUSPRIANGAN.ID – Dua  rumah milik warga di Dusun Sindangsari Rt 09 Rw 03 Desa Kalijaya, Kecamatan Banjaranyar, Kabupaten Ciamis terancam terbawa Longsor setinggi 20 meter. Peristiwa longaor setinggi 20 meter dan lebar 15 terjadi di akibatkan hujan deras di sertai angin kencang yang melanda wilayah Desa Kalijaya pada hari.Senin (08/02/2021) kemarin.

Asep Wayu, Kepala Dusun Sindangsari mengatakan, akibat tebing yang longsor dua rumah milik warga terancam terbawa terbawa, saat ini kondisi jarak rumah ke  lokasi longsor sekitar 10 meter, itu jelas sangat membahayakan.

“Mengingat kondisi cuaca saat ini masih extrim, diperkirakan hujan dengan intesitas tinggi masih mengguyur di wilayah sini jelang sore, Selasa (09/02/2021).di khawatirkan akan terjadi longsor kembali.”Ucapnya.

Sedangkan dua rumah yang terancam terbawa longsor yaitu, Rumah milik Endos dan milik Eka,warga Rt  09 Rw 03 Dusun Sindangasih,”jelasnya.

Kepala Desa Kalijaya Yosep Kuniawan mengatakan, untuk mengantisipasi longsor susulan. Kami bersama warga akan memasang karung di isi tanah lanjut di rujuk pakai bambu ini untuk penanganan awal saja,”ujarnya.

“Rencana kedepannya kami akan membuat Tebing Penahan Tanah (TPT) yang kokoh,untuk mengantisipaai lonsor tersebut,kareuna disini rawan longsor.”ungkapnya.

“Ia mengimbau kepada seluruh warga terutama yang bermukim di dataran tinggi dan tebing agar tetap waspada, mengingat perkiraan cuaca ekstrim masih akan terjadi.sebaiknya warga mengungsi ke tempat yang aman jika hujan deras turun,guna menghindari sesuatu yang tidak di inginkan,”jelasnya.

Hasil pantauan di lapangan tim fokuspriangan.id Kapolsek Banjarsari yang di wakili Bhabinkantibmas Bripka Noor, Kepala Dusun Asep Wahyu dan staf Kesa Kalijaya sedang meninjau lokasi tebing yang longsor setinggi 20 meter.

Bagaimana tanggapan anda ?
+1
+1
+1
+1
+1
+1
+1
Baca Juga  Cegah Peredaran Narkoba, BNN Cilegon Lakukan Tes Urin di Kostan

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here