Pemdes Rajamandala Laksanakan Sosialisasi Kepada Calon Penerima Manfaat Bantuan Rumah Tidak Layak Huni

0

Reporter: Anton

KAB TASIK.FOKUSPRIANGAN.ID – Pemerintah Desa Rajamandala, Kecamatan Rajapolah, Kabupaten Tasikmalaya, melaksanakan sosialisasi kepada calon penerima manfaat bantuan “Rumah Tidak Layak Huni (RTLH) Tahun 2021, dari Provinsi Jawa Barat, yang mengambil tempat di gedung serbaguna Desa Rajamandala, Selasa (9/2/2021).

Dalam acara tersebut menghadirkan narasumber H.Ruslan Munawar, Kabid Dinas Pekerjaan Umum Tata Ruang Perumahan dan Permukiman (DPUTRPP), Kabupaten Tasikmalaya beserta Kasi, dan fasilitator RTLH. Dan turut hadir Kepala Desa Rajamandala, LPM Desa, Babinsa, Babinkamtibmas, serta calon penerima manfaat dari perwakilan masyarakat.

Enjang Jalaludin, S.H, Kepala Desa Rajamandala, usai acara ketika ditemui, mengatakan hari ini kami Pemdes Rajamandala melaksanakan sosialisasi program bantuan RTLH kepada masyarakat calon penerima manfaat”, Katanya.

Lanjut Enjang untuk jumlah 30 KK calon penerima manfaat RTLH, anggarannya dari sumber anggaran tahun 2021 Provinsi Jawa Barat. Tetapi masih akan ada tahapannya seperti akan di verifikasi ulang.”Jadi untuk program RTLH ini memang program yang sangat di harapkan oleh masyarakat di tahun 2021 ini dan Alhamdulillah desa Rajamandala, mendapatkan program RTLH”, Ucapnya.

Ia berharap untuk masyarakat di desa Rajamandala khususnya bisa lebih mengoptimalkan program ini dan juga bisa menyambut baik program ini salah satunya dengan semangat atau kesiapan tentunya dari penerima manfaat supaya apa yang warga masyarakat cita – citakan juga di inginkan. Ketika ada bantuan dari pemerintah nantinya akan nyambung yang tadinya rumahnya kurang layak setelah ada bantuan ini bisa di renovasi di rehab sehingga bisa lebih layak”, Harap Enjang Jalaludin.

Sementara ditempat yang sama H.Ruslan Munawar, Kabid Dinas Pekerjaan Umum Tata Ruang Perumahan dan Permukiman (DPUTRPP), Kabupaten Tasikmalaya, mengungkapkan kegiatan ini dalam rangka sosialisasi kaitan dengan untuk rutilahu untuk se kabupaten Tasikmalaya tahun 2021. Dengan jumlah ke seluruhan 1740 Penerima manfaat, dan rata – rata 30 per desa, karena kita di bagi se kabupaten Tasikmalaya, jadi kurang lebih ada 50 desa”, Ungkap H.Ruslan Munawar.

Baca Juga  Plt Walikota Tasikmalaya Kunjungi Rumah Korban Luka Bakar Akibat Gas Meledak

Tambah Ruslan yang akan di sosialisasikan sesuai dengan rencana kerja atau sceduel yang dari Provinsi Jawa Barat, kita pengin selesai di bulan Pebruari ini. Kita secara maraton di bagi bagi ada beberapa desa dalam satu hari ini.”Ujarnya.

Bantuan ini satu rumah anggaranya rencananya Rp.17.500.000 (tujuh belas juta setengah) meliputi untuk bahan bangunan, upah kerja, biaya administrasi LPM di dalamnya ada untuk foto copy, mengadakan rapat-rapat LPM di anggarkan Rp.300.000.

“Untuk katagori yang mendapatkan itu sesuai juklak dan jukni saja yang pertama berkaitan dengan tadi masalah tanah kepemilikan, warga negara atau tanah warga negara asli punya KK , dan intinya sudah siap dan ada swadaya nya”.Katanya.

Untuk harapan kami karna pembangunan Rutilahu ini di kabupaten Tasikmalaya, masih banyak untuk di bantu, semoga program ini betul betul di manfaatkan sebaik mungkin, sesuai dengan prosedur yang ada, dan kita berharap sukses. Bagi masyarakat yang betul betul memerlukan perbaikan rumah bisa diperbaiki rumahnya”, Pungkasnya.

Bagaimana tanggapan anda ?
+1
+1
+1
+1
+1
+1
+1

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here