Semenjak Pandemi Covid-19 Kondisi Kawasan Geoprak Ciletuh Sepi Pengunjung

0

Reporter: Rusdi

SUKABUMI.FOKUSPRIANGAN.ID – Pandemi Covid-19 tidak hanya menjadi ancaman mematikan pada manusia saja, tetapi juga berdampak pada pertumbuhan ekonomi dan pariwisata. Tidak sedikit banyak pengusaha yang bangkrut dan karyawan yang di PHK, juga anjloknya jumlah wisatawan ke daerah distinasi wisata. Sektor wisata menjadi seperti mati suri. Salah satunya adalah kawasan Geopark Ciletuh-Palabuhanratu. Pasalnya, semenjak pandemi Covid-19 seluruh kawasan wisata yang sudah diakui dunia itu sepi pengunjung, baik dari wisatawan lokal, domestik hingga wisatawan manca negara.

Hal tersebut diungkapkan oleh seorang penjaga tiket masuk di kawasan Puncak Dharma, Desa Giri Mukti, Kecamatan Ciemas, Badru Salam (35) asal warga Kampung Cibatu, Desa Giri Mukti, Kecamatan Ciemas ini. Badru mengatakan semenjak pandemi Covid-19, hampir 90 persen jumlah pengunjung ke Puncak Dharma menurun secara drastis. “Kalau per hari biasanya, khususnya pada saat hari libur sebelum memasuki pandemi Covid-19, jumlah pengunjung ke Puncak Dharma bisa sampai 1.500 orang. Namun, sekarang pengunjung hanya berjumlah 100 sampai 150 orang saja, bahkan, kadang jauh dari angka itu,” ujar Badru.

Sepi nya pengunjung ucapnya, berimbas pada ekonomi masyarakat setempat.
“Biasanya pedagang, dagangannya laris manis, sekarang pendapat jadi turun drastis,” katanya.

Desi bukan nama sebenarnya, salah seorang pedang cindera mata, mengaku sangat terpukul dengan keadaan ekonomi seperti. “Mau bagaimana lagi, sekarang sudah dapat buat makan saja sudah benar benar harus bersyukur, tapi untuk dapat buat makan pun itu sulit,” ujar nya kepada FokusPriangan.id, Senin (9/2/21).

Dirinya berharap agar pandemi ini cepat berlalu. “Mudahan-mudahan kondisi seperti ini cepat berlalu dan normal kembali, saya meminta agar pemerintah cepat tanggap atas penderitaan rakyatnya,” katanya penuh harap.

Baca Juga  Perpustakaan Keliling Layani Warga Binaan Lapas Kelas IIB Sukabumi
Bagaimana tanggapan anda ?
+1
+1
+1
+1
+1
+1
+1

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here