Musrenbang Kecamatan Bungursari Dibuka Secara Resmi Oleh Wakil Walikota Tasikmalaya

0

Reporter : H Amir

KOTA TASIK, FOKUSPRIANGAN.ID – Bertempat di Aula Kecamatan Bungursari, Wakil Walikota yang juga sebagai Pelaksana Tugas Walikota Tasikmalaya Drs H Muhammad Yusuf membuka secara resmi kegiatan Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrenbang) tingkat Kecamatan dalam rangka penyusunan Rencana Kerja Pemerintah Daerah (RKPD) tahun 2022, Senin (08/02/2021).

Dalam pelaksanaan Musrenbang mengingat masih dalam situasi pandemi Covid-19, pihak penyelenggara menerapkan protokol kesehatan. setiap peserta di wajibkan memakai masker, jumlah peserta yang mengikuti pun di batasi.

Musrenbang ini mengambil tema “Memacu Pertumbuhan dan Pemerataan Pembangunan Menuju Masyarakat Yang Maju dan Madani.

Pada kegiatan Musrenbang di Kecamatan Bungursari, jumlah daftar kegiatan yang di usulkan ada sebanyak 135 usulan kegiatan dari 7 Kelurahan yang berada di Kecamatan Bungursari yaitu Kelurahan Sukamulya sebanyak 17 usulan, Kelurahan Bungursari sebanyak 29 usulan, Kelurahan Sukajaya 15 usulan, Kelurahan Bantarsari 20, Kelurahan Cibunigeulis 19 usulan, Kelurahan Sukarindik 20 usulan dan Kelurahan Sukalaksana 15 usulan.

Wakil Walikota yang juga sebagai Plt Walikota Tasikmalaya Drs H Muhammad Yusuf dalam sambutannya menyampaikan bahwa sebagai salah satu tahapan dalam penyusunan RKPD ini adalah di laksanakannya Musrenbang RKPD Kota Tasikmalaya tahun 2022 tingkat Kecamatan yang bertujuan untuk melakukan penajaman, penyelarasan, klarifikasi dan kesepakatan terhadap usulan rencana kegiatan pembangunan Kelurahan yang di integrasikan dengan prioritas pembangunan daerah di wilayah Kecamatan yang di kelompokkan berdasarkan tugas dan fungsi perangkat daerah.

“Pada kesempatan ini saya sampaikan beberapa kegiatan prioritas pembangunan di tahun 2021 ini diantaranya yaitu :
1. Pengembangan RSUD dr Soekardjo.
2. Pembangunan dan rehabilitasi Puskesmas
3. Lanjutan pembangunan jalan lingkar utara
4. Pembangunan command center.
5. Revitalisasi pasar pancasila.
6. Pengembangan PPIK (Pusat Pengembangan Industri Kerajinan).
7. Pembangunan dan rehabilitasi ruang kelas serta penyediaan sarana pendidikan.
8. Pembangunan dan rehabilitasi irigasi pertanian
9. Lanjutan pembentukan Wira Usaha Baru dan
10. Peningkatan pelayanan publik. Diantaranya melalui pembangunan dan rehabilitasi gedung kantor perangkat daerah Kecamatan dan Kelurahan, pembukaan pelayanan di Mall Pelayanan Publik serta kegiatan-kegiatan strategis lainnya,” paparnya.

Penyusunan RKPD tahun 2022 merupakan rencana tahunan kelima atau tahun terakhir dari periode RPJMD tahun 2017-2022

Pembangunan tahun 2022 tentunya masih terasa cukup berat sebagai dampak dari pandemi Covid-19 yang saat ini masih berlangsung akan tetapi dengan semangat dan optimisme serta dengan dusiplin menjalankan protokol kesehatan, sata yakin bahwa pandemi Covid-19 ini akan berakhir dan rencana pembangunan serta target-target kinerja yang telah kita susun dapat dilaksanakan dan memberkan manfaat serta dampak untuk kemajuan dan kesejahteraan masyarakat Kota Tasikmalaya.

Adapun beberapa rencana kegiatan prioritas di tahun 2022 diantaranya :
1. Penuntasan pembangunan Gedung RSU Pratama Dewi Sartika dan RSU Pratama Purbaratu.
2. Lanjutan pembangunan jalan lingkar utara.
3. Penataan objek wisata Situ Gede.
4. Penataan Alun-alun.
5. Revitalisasi pasar rakyat.
6. Optimalisasi PPIK (Pusat Pengembangan Industri Kerajinan).
7. Pengembangan Sistem Penyediaan Air Minum (SPAM).
8. Lanjutan pembentukan Wira Usaha Baru.
9. Pembangunan dan rehabilitasi ruang kelas serta penyediaan sarana pendidikan
10. Peningkatan pelayanan publik. Diantaranya melalui pembangunan dan rehabilitasi gedung kantor perangkat daerah Kecamatan dan Kelurahan, serta kegiatan-kegiatan strategis lainnya,” pungkasnya.

Bagaimana tanggapan anda ?
+1
+1
+1
+1
+1
+1
+1
Baca Juga  Menelan Anggaran 88 Milyar, Gedung Edi Praja Mandiri di Resmikan

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here