Bupati Bogor Ade Yasin Keluarkan Status Siaga Banjir

0

Reporter: Arip Rahman

BOGOR. FOKUSPRIANGAN.ID – Bupati Bogor Ade Yasin meminta warga di wilayah aliran tujuh sungai yang ada di Kabupaten Bogor untuk selalu waspada dan siaga banjir. Ketujuh sungai itu ialah Sungai Cileungsi, Cikeas, Cidurian, Cianten, Cisadane, Cibeet, dan Sungai Ciliwung. “Di wilayah yang jadi lintasan sungai ini kerap banjir,” kata Ade Yasin di Cibinong, Senin (8/2/21).

Ade mengatakan kewaspadaan dan siaga warga yang tinggal di lintasan tujuh sungai tadi, harus semakin dimaksimalkan. Sebab, menurut Ade, kondisi cuaca hujan yang terjadi dengan intensitas tinggi beberapa hari belakangan ini, tidak menutup kemungkinan banjir datang menerjang. “Dengan kondisi seperti ini, kami selaku pemerintah mengeluarkan status siaga banjir,” kata Ade Yasin.

Kewaspadaan dan antisipasi bencana khususnya dalam status siaga banjir ini, Ade Yasin memerintahkan kepada pemerintah di tingkat Kecamatan dan Kelurahan turut serta aktif memberikan edukasi mitigasi bencana. Seperti mengajak masyarakat membersihkan lingkungan, gorong-gorong atau saluran air. “Dan menekankan untuk tidak buang sampah sembarangan, apalagi (buang sampah) ke sungai itu akan ditindak dan kena denda,” kata Ade Yasin.

Ade mengatakan jika di wilayah Kabupaten Bogor ada yang terdeteksi potensi bencana apalagi jika sudah kejadian, harus segera melapor kepada pemerintah setempat atau kepada aparat di wilayahnya. Agar segera dievakuasi sedini mungkin. “Bisa juga menghubungi call centre BPBD Kabupaten Bogor,” tandas Ade.

Bagaimana tanggapan anda ?
+1
+1
+1
+1
+1
+1
+1
Baca Juga  Kabupaten Pangandaran Butuh Tambahan Penyuluh Agama Islam Non PNS

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here