Akhirnya Badan Keswadayaan Masyarakat KOTAKU Paguyuban Warga Desa Sukaraja, Kecamatan Rajapolah Miliki Gedung Galery

0

Reporter: Anton

KAB TASIK.FOKUSPRIANGAN.ID – Akhirnya Badan Keswadayaan Masyarakat (BKM) KOTAKU Paguyuban Warga Desa (PWD) Sukaraja, Kecamatan Rajapolah, memiliki gedung galery, yang baru dan satu satunya desa, di kabupaten Tasikmalaya Gedung tersebut di bangun dari sumber angaran dari Dinas PUPR Provinsi Jawa Barat. Untuk Program KOTAKU (Kota Tanpa Kumuh), sebesar Rp. 822.000.000 dan Swadaya: Rp.51.979.000, dengan Total: Rp. 873.978.000.

“Gedung galery tersebut bertujuan untuk mendorong produksi KSM dan untuk membantu pemasaran BKM KOTAKU yang ada di Desa Sukaraja. Dan minggu yang lalu sudah diresmikan yang di hadiri oleh Muspika Kecamatan Rajapolah, Bapeda Kabupaten Tasikmalaya, Dinas Indag kabupaten Tasikmalaya, dan Kepala Desa Sukaraja.” Kata Ella Nurlaela Ketua BKM KOTAKU PWD Sukaraja, ketika ditemui, Senin (8/2/2021).

Masih dikatakan Ella, Alhamdulillah kemarin dari Dinas Indag, kita mendapatkan respon luar biasa, menurutnya kebanyakan tidak ada galeri yang khusus, dan kebayakan galeri umum. Dan hadirnya galery ini pihak Indag justru merasa terbantu bahkan kalau nanti ada pelatihan pelatihan bisa di gunakan,”ujarnya.

Galery tersebut nantinya akan produksi tas anyaman, dompet dan semua kerajinan dari mendog dari Rajapolah. Juga makanan olahan semacam Raginang, Saroja, Sotong, Wajit dan sebagainya, Kita juga akan mengrekrut pengrajin olahan khusus yang ada di wilayah Desa Sukaraja, dan untuk kedepannya kalau sudah menjadi ikon untuk Desa Sukaraja mungkin melangkah akan lebih jauh,”ucapnya.

Lanjut Ella, di gedung galery tersebut masih banyak kekurangan yang harus di lengkapi, seperti untuk peralatannya, Dengan kisaran anggaran Rp. 100 juta , dan kami rencana nya akan membuat proposal untuk mengajukan ke pihak Kementerian.” Ia berharap untuk kedepannya kita akan berkolaborasi dengan kampung kreatif Sukaruas, bukan kita untuk bersaing tetapi kita akan kolaborasi dimana didalamnya masih banyak pengrajin pengrajin yang ada di Desa Sukaraja. Selain kolaborasi dengan Kampung kreatif Sukaruas kita juga akan berkolaborasi dengan dinas, untuk berkaitan dengan pembinaan dan pelatihan, dan berharap kedepannya pemasaran dengan cara pesanan pesanan secara online”,Harapnya.

Sementara, Asep Nandang S.Pd.I selaku Kepala Desa Sukaraja, ketika ditemui mengatakan kami atas nama Pemerintah Desa Sukaraja, yang pertama berterimakasih kepada pemerintah pusat melalui anggaran APBN yang mana telah percaya kepada kami pemerintahan desa dan KOTAKU Desa Sukaraja yang dibawahnya ada BKM dan KSM yang telah menerima bantuan tersebut. Mudah mudahan Pemerintahan pusat lebih maju, sukses dan betul -betul bisa memperhatikan keadaan di desa apapun itu lembaganya dan dimanapun desanya,”katanya.

Kedua saya berterima kasih kepada
BKM Desa Sukaraja KSM serta unsur tokoh masyarakat yang mana dalam hal teknis pembangunan tersebut banyak dukungan ataupun rojongan dan parsitipasi dari semuanya. Mudah mudahan kebaikan semuanya dibalas Alloh SWT .

Selanjutnya ketiga dalam hal teknis Alhamdulillah atas rojongan semuanya galeri udah beres semuanya 100% harapan kami semua selaku pemerintah desa terhadap BKM khususnya semoga bangunan tersebut bangunan amanah dari Pemerintahan pusat dan amanah dari pemerintah Desa Sukaraja. Bisa bermanfaat dan bisa membantu terhadap UKM perekonomian, sosial, budaya yang ada dilingkungan Desa Sukaraja pada khususnya”, Ungkapnya Asep Nandang.

Bagaimana tanggapan anda ?
+1
+1
+1
+1
+1
+1
+1
Baca Juga  Pemerintah Kec.Jamanis Gelar Rakor Menindaklanjuti Himbauan Bupati No 26 Tahun 2020

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here