BPBD Kabupaten Sukabumi Telah Menetapkan Status Tanggap Darurat Bencana Tanah Bergerak di Nyalindung

0

Reporter: Rusdi

SUKABUMI.FOKUSPRIANGAN.ID – Bencana tanah bergerak di Dusun Ciherang Desa Cijangkar Kecamatan Nyalindung semakin meluas saja, sehinga Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat, menetapkan status tanggap darurat.Status kebencanaan di kaki perbukitan Gunung Beser itu berlaku selama sepekan, mulai 4 hingga 10 Februari 2021.

Bencana geologi yang menerjang permukiman di ketinggian 930 meter dari permukaan laut itu mulai terjadi pada Minggu (13/12/20). “Status tanggap darurat sudah ditetapkan sejak tanggal 4 hingga 10 Februari,” kata Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Pelaksana BPBD Kabupaten Sukabumi Anita Mulyani kepada wartawan di Ciherang, Minggu (7/2/21).

Anita mengatakan, penetapan status tanggap darurat ini seiring semakin berkembangnya kondisi pergerakan tanah.
Saat ini, retakan-retakan tanah semakin banyak, semakin melebar, dan amblesannya semakin mendalam.

Dalam masa status tanggap darurat ini, para warga banyak dibantu berbagai lembaga kemanusiaan. Hingga saat ini sudah ada 16 komunitas dengan jumlah 75 sukarelawan. “Dalam penanganan ini kami meminta kerja sama yang baik bersama masyarakat, juga para sukarelawan,” ujarnya.

Menurut Anita, perpanjangan status tanggap darurat akan melihat perkembangan situasi kondisi sepekan ke depan dan hasil evaluasi. Saat ini, BPBD akan memberikan pelayanan terbaik bagi masyarakat penyintas bencana, seperti membuat masyarakat merasa aman, nyaman meskipun dalam kondisi di tengah bencana.

Bekerja sama dengan semua pihak untuk selalu memantau kondisi di lokasi.
“Bila perlu ada perpanjangan, karena kondisinya seperti saat ini, akan dilakukan perpanjangan,” katanya.

Bagaimana tanggapan anda ?
+1
+1
+1
+1
+1
+1
+1
Baca Juga  Para Pengurus Dan Anggota PAC Pemuda Pancasila Kec.Rajapolah Bagikan Takjil Pada Warga

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here