Gage di Kota Bogor Beda Dengan Gage di Jakarta

0

Reporter: Arip Rahman

BOGOR. FOKUSPRIANGAN.ID – Pemerintah Kota ( Pemkot ) Bogor hari ini, Sabtu (6/2/21) menerapkan sistem ganjil genap ( Gage ) untuk kendaraan bermotor. Hal ini Berdasarkan Perwali No.110 Tahun 2020 Tentang PSBMK, dan SE No.440/693-Huk HAM Tentang PKMBM Dalam Rangka Penanganan Covid-19 di Kota Bogor.

Aturan pembatasan kendaraan dengan sistem pelat nomor ganjil genap ini berlaku akhir pekan ini dan Jumat-Minggu pekan depan. Namun, karena untuk mengurangi kerumunan dan mencegah penularan Covid-19, maka aturan ini dibuat lebih fleksibel.

Kabag Ops Polresta Bogor Kota Kompol Prasetyo Purbo Nurcahyo mengatakan, ganjil genap di Kota Bogor lebih pada Prokes (protokol kesehatan), jadi tujuannya agar tidak terjadi kerumunan massa di kota Bogor. “Diskresi dari kepolisian bersifat situasional, lebih fleksibel tidak seperti yang diterapkan di Jakarta. Kalau di Jakarta ganjil atau genap tidak boleh masuk,” ucap Prasetyo di Bogor (5/2/21).

Bedanya lagi dengan aturan ganjil genap di Jakarta, yakni untuk di Bogor bagi pelanggar tidak akan dikenakan tilang.
Apabila angka terakhir di pelat nomor tidak sesuai tanggal ganjil atau genap, maka kendaraan akan diminta untuk putar balik. “Tetapi kalau tujuannya jelas, misal mau kerja atau ada kantor di Bogor, tetap kita izinkan. Intinya harus ada bukti yang kuat kepada petugas bahwa kita keluar untuk keperluan tertentu,” kata Prasetyo. Pembatasan kendaraan bermotor ini tidak diterapkan secara menyeluruh, melainkan hanya kendaraan pribadi saja.

Bagaimana tanggapan anda ?
+1
+1
+1
+1
+1
+1
+1
Baca Juga  LPPDSDM BKPRMI Kota Tasikmalaya Menggelar Musda Pemilihan Ketua Irema Periode 2021-2024

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here