Keren..Heri Suyanto Warga Lakbok Kab.Ciamis Mampu Buat Pesawat Terbang Jenis Stul

3

Reporter: Revan

KAB.CIAMIS,FOKUSPRIANGAN.ID – Berbekal pengalaman dari luar Negeri, Heri Suyanto warga Dusun Nambo Rt 25 .Rw 06 Desa Cintajaya, Kecamatan Lakbok, Kabupaten Ciamis, berhasil merakit sebuah pesawat terbang berjenis STUL.

Pesawat yang mempunyai panjang 7,30 meter dan lebar 9 meter berhasil Heri buat sendiri secara manual dan menghabiskan waktu 11 bulan.

Heri Suyanto mengatakan, pesawat yang saat ini merupakan pesawat ke 3 yang berhasil ia buat, sebelum nya ia berhasil menyelesaikan dua pesawat yang dikerjakan di Sulawesi dan hasil karya nya tersebut sudah dikirim ke USA tepatnya ke Ceko,”┬ákatanya.

“Saat ini pesawat yang sedang saya buat baru mencapai 90% pengerjaan nya dan belum bisa untuk di terbangkan, sedangkan bahan yang di gunakan 70 presen di inpor dari luar negeri, namun pembuatanya di sini saya lakukan sendiri secara manual yang di bantu istri,”jelasnya.

Heri mnjelaskan, biaya untuk membuat peswat jenis ini hampir mencapai 500 juta, itupun pakai uang sendiri, sedangkan jenis mesin yang digunakan yaitu mesin mobil honda jazz.

Sebelum nya ia mengaku pernah mengikuti pembelajaran tentang cara merakit dan membuat pesawat yang ia peroleh dari luar negeri tepat nya di negara bagian Alaska, USA.”ujarnya.

“Ya dulu saya pernah ikut teman pergi ke sana sambil belajar merakit juga membuat pesawat, dan setelah saya bisa, saya pulang dan mempraktekan langsung di sini,”inbuhnya.

Heri juga menambahkan dirinya berharap kepada pemerintah bisa memberikan apresiasi atau pun merespon hasil karya nya tersebut berupa┬ápemberian sertifikat untuk pesawat nya itu. “Dan jika nanti negara tidak merespon, saya akan tetap menyerahkan pesawat ini ke negara, atau langsung ke presiden karena sejatinya pesawat yang saya buat ini khusus untuk Negara”tambahnya.

“Dan saya sudah buktikan bahwa kita sudah mampu membuat pesawat sendiri dengan hanya menggunakan manual, tanpa bantuan alat-alat yang canggih” pungkasnya.

Bagaimana tanggapan anda ?
+1
1
+1
+1
1
+1
+1
+1
+1
Baca Juga  Penyandang Disabilitas Dan Kaum Dhuafa Kecamatan Bayah Dapat Bantuan Beras

3 KOMENTAR

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here