Kejari Cibadak Kab. Sukabumi Bina Para Kepala Desa se Kecamatan Kadudampit Untuk Mencegah Terjadinya Tindak Pidana Korupsi

0

Reporter: Rusdi

SUKABUMI. FOKUSPRIANGAN.ID – Kejaksaan Negeri ( Kejari ) Cibadak kabupaten Sukabumi melakukan pembinaan kepada para kepala desa se kecamatan Kadudampit Kabupaten Sukabumi dalam program Jaksa Bina Desa ( Jabinsa ), yang berlangsung di Cafe Dapur Non, Jumat (5/2/21).

Koordinator kegiatan Jabinsa di Kecamatan Kadudampit yang juga selaku Jaksa Fungsional (Pidum) Ferdy Setiawan, mengatakan inti kunjungan kali ini untuk melakukan pembinaan terhadap kepala desa se-Kecamatan Kadudampit guna mencegah terjadinya tindak pidana.

Menurutnya, Jabinsa adalah program kejaksaan yang mengedepankan upaya prefentif atau pencegahan tindak pidana.
“Untuk mengingatkan para kepala desa agar menghindari perbuatan melawan hukum yaitu korupsi,” ucap Ferdy, kepada wartawan, Jumat (5/2/21).

Ferdy menitikberatkan pada solusi penyelesaian masalah bukan pada tindakkan yang berujung pelaporan kepada aparat penegak hukum. Karena bagaimanapun faktor komunikasi penting dilakukan agar terjadi sinergitas antar semua pemangku kepentingan.

Dia mengatakan, kedatangan tim dari kejaksaan ke lapangan juga bertujuan untuk memperarat tali silaturahmi antara unsur pemerintahan dan kejaksaan dalam memecahkan masalah yang terjadi di dalam tubuh pemerintahan. “Program Jabinsa membuka ruang komunikasi dan konsultasi dengan para kepala desa menyangkut proses penggunaan anggaran desa,” ungkapnya.

Sementara itu, Jaksa yang membidangi perdata dan Tata Usaha Negara, Alfian menuturkan, program ini sebagai bentuk keterbukaan pihak kejaksaan dalam menampung aspirasi warga.

Ditempat yang sama, Kepala Desa Kadudampit selaku DPK Apdesi Kecamatan Kadudampit, Iip Firdaus mengatakan, program Jabinsa membawa kedamaian bagi para kepala desa. “Dengan adanya pembinaan ini, para kepala desa memperoleh pengetahuan dan ilmu tentang hukum positif,” ujar Iip.

Pantauan dilapangan, acara yang dimulai sekitar pukul 09.00 WIB, dipandu oleh Camat Kadudampit Jenal Abidin. Turut hadir dalam acara tersebut, Kanit Binmas Polsek Kadudampit Aiptu Joni Awaludin, Danramil Kadudampit Kapten Infanteri Feriyanto, dan Asep Suganda Kepala Resort Taman Nasional Gede Pangrango.
Disamping itu turut hadir pula sebagai peserta, Kepala UPT Dalduk Kecamatan Kadudampit dan Kecamatan Sukabumi Cucun ,Ketua IGTK Paud Neng Sri, Ketua Himpaudi Omi. Kepala Puskesmas Yudi Mulyadi dan Kepala KUA. Kadudampit Saepul Hayat, Kepala KUA Kecamatan Kadudampit.

Acara Jabinsa juga dihadiri para kepala desa dari Undruswinangun, Cikahuripan, Kadudampit, Cipetir, Muaradua, Citamiang, Sukamanis. Gede Pangrango dan Desa Sukamaju.
( rusdi )

Bagaimana tanggapan anda ?
+1
+1
+1
+1
+1
+1
+1
Baca Juga  Puluhan Buruh Pabrik Garmen CDB di Cidahu Kesurupan Massal

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here