Pemerintah Kecamatan Jamanis Gelar Musrenbang RKPD TA.2022

0

Reporter: Anton

KAB TASIK.FOKUSPRIANGAN.ID – Pemerintah Kecamatan Jamanis, melaksanakan Musyawarah Rencana Pembangunan (Musrenbang).RKPD Tahun 2022, yang bertempat di aula Kecamatan, Kamis (4/2/2021).

Pelaksanaan acara Musrenbang RKPD tingkat kecamatan Jamanis, dibuka oleh Winardi Hidayat, S.IP, M.Si, selaku Camat Jamanis.

Acara turut di hadiri Bapeda Kabupaten Tasikmalaya, Kapolsek, Danramil, kepala UPTD Puskesmas, Ketua MUI, Kepala desa beserta perangkat desa se kecamatan, Ketua BPD, Kordinator Pendamping Kecamatan dan Pendamping Desa.

Winardi Hidayat, S.IP, M.Si,┬áCamat Jamanis, dalam sambutannya mengatakan dalam pelaksanaan Musrenbang kali ini sangat berbeda dengan ke belakang karena memang tahun ini dalam mewujudkan RKPD Kabupaten Tasikmalaya tahun 2022, itu sudah menggunakan sistem informasi Pemerintah Daerah (SIPD) keputusan itu untuk pembangunan di tahun 2022 maka wajib dalam sistem SIPD”,
Kata Winardi Hidayat.

Winardi menambahkan karena kabupaten Tasikmalaya dalam secara link sudah langsung dengan pusat dan sistem tidak bisa di ganggu ketika desa hasil Musrenbang Desa di input di SIPD dengan sistem itu sudah terkunci sampai kapan pun tidak secara tiba tiba bisa dirubah. Tetapi dengan sistem ini ada memang jadwal jadwal yang dilaksanakan dan wajib apabila terlambat atau sebagainya di tahun 2022 dianggap tidak mengajukan pembangunan 2022, itu terletak pada musyawarah desa dan tentunya kepala desa bersama BPD dan masyarakat,”katanya.

“Dengan lahirnya undang undang 6 tahun 2012 perlu berbangga terutama Pemerintah Desa, karena Pemerintah Desa diberikan otoritas penuh bagi kepala desa. Silahkan mempunyai prakasa sendiri bagaimana membangun, bagaimana mengarahkan masyarakat supaya masyarakat bisa terlayani bisa diberi manfaat.

Dengan Musrenbang tentu pola dan juga metode sistem artinya dengan musyawarah baik dari para pelaku atau stikholder lainnya berharap pembangunan di desa dengan musyawarah ini ada keterbukaan ada objektifitas yang memang dibangun dalam demokrasi di pemerintahan, mudah mudahan dalam pelaksanaan dan keputusan diberikan kelancaran dan kemudahan”, Tandasnya.

Sementara Haries Nursyamsu, S.H, M.H, yang membacakan sambutan Plt kepala Bapeda, menyampaikan, saya mengapresiasi kepada semua pihak. Atas terlaksananya acara musyawarah perencanaan pembangunan di Kecamatan Jamanis. kita berharap dalam proses pelaksanaan Musrenbang ini mampu menghadirkan proses perencanaan pembangunan yang efektif, parsitipatif dan akuntabel sehingga bermuara kepada tercapainya kesejahteraan masyarakat yang semakin berkualitas”, Ungkapnya.

Masih menurut Haries pada saat ini pemerintah Kabupaten Tasikmalaya, belum mempunyai RPJMD sebagai dasar untuk penyusunan RKPD tahun 2022. Maka untuk menjaga kesinambungan pemerataan dan maka untuk menjaga kesejahteraan pemerintah pembangunan daerah RKPD tahun 2022-2025 serta mengacu kepada RPJMD tahun 2018-2023, selanjutnya berakhir nya perioderisasi RPJMD tahun 2016-2021 tahun 2022 merupakan strategis yang menjadi awal perencanaan lima tahunan RPJMD yang baru.”Ujarnya.

Hasil evaluasi pembangunan kabupaten Tasikmalaya menunjukkan kenaikan kebeberapa indikator mafrog diantaranya pendidikan dan kesehatan bedasarkan data PPS indeks pendidikan ditingkat kabupaten Tasikmalaya besar 59,31 poin atau naik sekitar 0,63 poin, dibandingkan tahun 2019 indeks kesehatan pada tahun 2021 76,11 poin naik 0,4 poin. Dibandingkan tahun 2019 namun pada indeks pengeluaran pada tahun 2018 besar 62,39 poin meningkat menjadi 63,67 poin pada tahun 2020 mengalami penurunan menjadi 62,75 poin.”Katanya.

Dan saya berharap Forum strategis pada hari ini dimanfaatkan secara maksimal menjadi ruang diskusi konstruktif dalam melahirkan berbagai gagasan untuk menjawab berbagai isu strategis pembangunan pada saat ini”, Pungkasnya.

Bagaimana tanggapan anda ?
+1
+1
+1
+1
+1
+1
+1
Baca Juga  Kepala Desa Sirnagalih, Baru Menjabat Sudah Menghadapi Kegaluan

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here