Kurangi Sampah Rumah Tangga, Kepala Desa Sindanglaya Buat Terobosan Baru Buat Reaktor Biogas

0

Reporter: Faisal

KAB.CIANJUR. FOKUSPRIANGAN.ID – Kepala desa Sindanglaya NK Sanusi membuat inovasi atau melakukan gerakan untuk pengurangi sampah rumah tangga dengan membuat reaktor biogas dari sampah organik rumah tangga.

Rencana pembuat reaktor biogas ini kepala desa Sindanglaya melakukan sosialisasi dengan para Rw, Rt dan Kadus.” Untuk survai lokasi yang akan di jadikan tempat reaktor biogas Di RW 13 dusun IV kampung Sukasari.

NK Sanusi Kepala desa Sindanglaya mengatakan Reaktor biogas ini selain untuk mengurangi volume sampah warga yang dibuang ke tempat pembuangan sampah, juga memberikan nilai ekonomis. Gas yang dihasilkan oleh reaktor tersebut dapat dimanfaatkan oleh 4 sampai 6 keluarga sebagai pengganti gas elpiji.”Ucap Kamis (04/02/21).

“Selain itu residu atau ampas dari sampah organik tersebut berguna sebagai pupuk organik yang mempunyai nilai ekonomis juga. Reaktor baru dibuat di wilayah dusun IV Sukasari, tapi ke depan akan dikembangkan di setiap wilayah Desa Sindanglaya.

Dan di buat nya reaktor biogas hasil nya nanti sampah yg di olah oleh reaktor biogas ini menjadi gas yg di fermentasi dari bahan-bahan organik limbah atau sampah rumah tangga,
Ungkapnya menambahkan.

Bagaimana tanggapan anda ?
+1
+1
+1
+1
+1
+1
+1
Baca Juga  Yayasan Masfatih Kilat Nyawang di Pasawahan Menggelar Isro Mi'roj Nabi Muhammad SAW

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here