Sungai Ciliwung Bogor Dicemari Sampah Masker Bekas

0

Reporter : Arip Rahman

BOGOR. FOKUSPRIANGAN.ID – Sungai Ciliwung. Tercemar oleh banyaknya sampah masker sekali pakai yang sengaja dibuang ke aliran Sungai Ciliwung. Padahal, sadar atau tidak sadar, masker sekali pakai yang dibuang sembarangan akan membahayakan manusia itu sendiri.

Bukan tanpa sebab, karena dimasa pandemi Covid-19 ini masker sekali pakai menjadi sampah infeksius yang harus dibuang dengan cara yang benar.

Kepala Dinas Kesehatan Kota Bogor dr Sri Nowo Retno mengatakan bahwa masker medis atau masker sekali pakai tidak boleh dibuang sembarangan. “Enggak boleh (dibuang sembarangan), bahaya itu infeksius, taruhlah masker sekali pakai atau masker medis itu benda infeksius, kenapa begitu, karena kita tidak tahu apakah masker itu bekas digunakan oleh orang yang terkena infeksius atau tidak,” ujar Retno kepada wartawan, Rabu (3/1/21).

Untuk itu kata Retno tidak boleh masker sekali pakai, masker medis ataupun sampah dan limbah medis dibuang sembarangan. Saat ini kata Retno, Pemkot Bogor bekerjasama dengan bank sampah untuk mengelola sampah masker bekas masyarakat.

Namun untuk amannya, masyarakat pengguna masker medis bisa mencuci masker medis dengan cairan desinfeksi sebelum dibuang. “Ketika akan dibuang cara amannya bisa di sobek dirusak digunting dan sebagainya, kemudian rendam oleh cairan desinfeksi kemudian buangnya dipisahkan dengan sampah rumah tangga lainnya,” katanya.

Bagaimana tanggapan anda ?
+1
+1
+1
+1
+1
+1
+1
Baca Juga  Antusias Santri-Santriyah Baiturrohman Gunung Reog Mengisi Imtihan

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here