Dalam Rangka Memberikan Pemahaman Dalam Cara Pembudidayaan Ikan Lele, BUMDes Nusawangi Melaksanakan Pembinaan

0

Reporter: Anton

KAB TASIK. FOKUSPRIANGAN.ID – Dalam rangka memberikan pemahaman dalam cara pembudidayaan ikan lele, Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) Nusawangi melaksanakan pembinaan / penguatan kepada kelompok budidaya ikan lele, yang Bertempat di aula Desa Nusawangi, Kecamatan Cisayong, Kabupaten Tasikmalaya, Jawa Barat, Senin (01/02/2021).

Dalam acara tersebut menghadirkan narasumber dari Dinas Peternakan Perikanan dan Kelautan Kabupaten Tasikmalaya.

Acara turut di hadiri oleh Direktur BUMDes Nusawangi Heri Kustian, Kepala Desa selaku Komisaris BUMDes Nusawangi Ading, Ketua BPD H. Uum Saepul Rohman, M.Pd, LPM, dan para anggota kelompok di wilayah Desa Nusawangi.

Tri Rohani dari Dinas Peternakan Perikanan dan Kelautan Kabupaten Tasikmalaya, sebagai narasumber, dalam pemaparan nya menjelaskan budidaya ikan lele harus diawali minimal “resep wae heula (suka saja dulu) namun masa hanya mau suka saja, selanjutnya bagaimana caranya agar menghasilkan uang. “Jadi orientasinya budidaya ikan lele itu bagaimana caranya menjadi bisnis, dan ikan apa yang dominan bisa laku di pasaran jangan sampai memiliki konsep belum tahu bagaimana cara memelihara ikan,” Kata Tri Rohani.

Masih dikatakan Tri para anggota harus tahu apa artinya kelompok dan apa tujuannya. Konsep atau rencana kegiatan jangan sampai TUKCING sudah dibentuk cicing (sudah dibentuk diam) serta harus ada tujuanya, apakah mau pembenihan dan atau pesaran.” Ia juga menghimbau kepada kelompok, harus bekerjasama antara pengurus,” Ucapnya.

Sementara ditempat yang sama Ading Kepala Desa Nusawangi, mengatakan, budidaya ikan lele tersebut bertujuan untuk mengurangi angka pengangguran melalui penguatan modal BUMDes sebesar sekitar Rp. 45 jt yang bersumber dari Dana Desa.”BUMDes memiliki gagasan usaha budidaya ikan lele sehingga dalam kegiatan pembinaan itu menghadirkan narasumber koordinator dari kabupaten (petugas dari Dinas Peternakan Perikanan dan Kelautan Kabupaten Tasikmalaya) juga petugas penyuluh dari BPP Kecamatan Cisayong,” Ungkap Ading.

Lanjut Ading, mudah-mudahan apa yang diharapkan oleh masyarakat untuk memajukan Desa Nusawangi ini berjalan lancar dan berharap kedepannya akan terbentuk kelompok-kelompok sampai di setiap ke RT an,” pungkasnya.

Bagaimana tanggapan anda ?
+1
+1
+1
+1
+1
+1
+1
Baca Juga  Program Gerakan Nasi Bungkus, Tim Penggerak PKK Kab Tasikmalaya Bersama Baznas Dan TP-PKK Kec Gunungtanjung

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here