Tanaman Padi Milik Petani Diserang Hama Tikus Akibatnya Petani di Ciracap Gagal Panen

0

Reporter: Rusdi

SUKABUMI. FOKUSPRIANGAN.ID – Para petani di Kecamatan Ciracap, Kabupaten Sukabumi terpaksa tidak dapat menikmati hasil taninya. Pasalnya, padi yang kini mulai berbuah tiba-tiba diserang hama tikus, gagal panen pun mengancam. Di kedusunan Sukatengah dan Kedusunan Cigelang Desa Gunungbatu misalnya, sebagian sawah gagal panen akibat serangan hama itu.

Soleh (70) petani asal Kampung Citamiang, Desa Gunungbatu mengungkapkan, tikus itu menyerang padi yang berusia 70 hari dan hewan pengerat itu menyerang padi yang berada di tengah area sawah. “Yang habis tanaman padi yang berada di tengah sawah, paling menyisakan beberapa baris padi di pinggirnya,” jelas Soleh kepada wartawan, Senin (1/2/21).

Pengamat Organisme Pengganggu Tanaman Kecamatan Ciracap, Dinas Pertanian Kabupaten Sukabumi, Ade Hikmatullah setelah menerima laporan serangan hama tikus itu, Ade langsung mengecek kondisi secara langsung.
Dari pengecekan itu, Ade menyatakan tikus menyerang sawah di beberapa desa di Kecamatan Ciracap. Sawah yang menjadi sasaran tikus itu berada di dekat sungai, bebatuan dan hutan. Menurut dia, serangan tikus ini bisa mengakibatkan fuso.

Tetapi, ucapnya, dalam satu areal persawahan tak semua diserang tikus dan biasanya yang diserang di bagian tengahnya saja. “Dari tiap areal atau per kotak paling luas yang diserang 5 meter persegi,” jelasnya.

Menurut Ade, Dinas Pertanian sebenarnya sudah memberikan penyuluhan untuk mengantisipasi serangan tikus seperti menggunakan racun, gropyokan (poro), dan dengan memasang perangkap tikus dan membersihkan pematang dan seputar lahan.

Bagaimana tanggapan anda ?
+1
+1
+1
1
+1
+1
+1
+1
Baca Juga  Dinkes Kab. Sukabumi Bentuk Tim Krisis Center Corona

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here