Kapolres Sukabumi Kota Resmikan Panen Perdana Sorgum Program Ketahanan Pangan

0

Reporter: Rusdi

SUKABUMI. FOKUSPRIANGAN.ID – Kapolres Sukabumi Kota, AKBP Sumarni, meresmikan panen perdana sorgum pada lahan yang dikelola Karang Taruna Kecamatan Sukalarang, Kabupaten Sukabumi. Panen perdana sorgum itu digelar di Kampung Sukalarang RT 02 RW 07 Desa/Kecamatan Sukalarang, Sabtu (30/1/21). Lokasinya di samping Puskesmas Sukalarang.

Di tempat panen perdana Kapolres didampingi para pejabat dan aktivis Sukalarang antara lain Kapolsek Sukalarang, Yudi Wahyudi; Camat Sukalarang, Budianto; dan Ketua Karang Taruna Kecamatan Sukalarang Taufik Graha. Secara simbolis Kapolres memotong tangkai sorgum sebagai tanda dimulainya panen.

AKBP Sumarni menyampaikan apresiasi kepada para pengurus dan anggota Karang Taruna Kecamatan Sukalarang yang berhasil membudidayakan tanaman sorgum. Budi daya sorgum tersebut, kata Sumarni, sejalan dengan program ketahanan pangan yang dicanangkan Polres Sukabumi Kota.
“Mudah-mudahan panen sorgum ini dapat meningkatkan ketahanan pangan masyarakat. Sorgum merupakan bahan pangan alternatif pengganti beras  sehingga dapat memenuhi kebutuhan pangan masyarakat terlebih di saat pandemi Covid-19,” kata Sumarni.

Polisi sebagai pengayom masyarakat, ujarnya, tentunya akan terus memberikan dukungan dan memotivasi masyarakat untuk terus berinovasi dalam mewujudkan ketahanan pangan untuk menggerakkan ekonomi berbasis pangan lokal.
“Kami akan terus mendukung dan memotivasi masyarakat untuk mempertahankan dan mengembangkan zona ketahanan pangan khususnya melalui budidaya sorgum,” tuturnya.

Budi daya sorgum oleh Karang Taruna Kecamatan Sukalarang dilaksanakan pada areal pertanian seluas 2.000 meterpersegi. Di tempat panen perdana tampak hadir Tim Teknis Ketahanan Pangan Polres Sukabumi Kota, para Bhabinkamtibmas, perwakilan desa, serta Pengurus Karang Taruna Kecamatan Sukalarang dan tingkat desa.

Ketua Karang Taruna Kecamatan Sukalarang, Taufik Graha mengatakan, dia dan rekan-rekannya membudidayakan tanaman sorgum karena tanaman sumber karbohidarat ini mudah dan relatif murah pengelolaannya. Selain itu sorgum bisa dijadikan aneka jenis makanan. “Kami akan jadikan program budi daya sorgum sebagai prioritas. Selain itu kami akan mensosialisasikan manfaat dan kelebihan sorgum kepada masyarakat di Kecamatan Sukalarang,” ujar Taufik.

Dia mengharapkan masyarakat dapat mengikuti jejak Karang Taruna Sukalarang yang berhasil mengembangkan budi daya sorgum. Taufik dan rekan-rekannya juga akan terus mendorong pengembangan usaha mikro dan kecil yang bergerak dalam pengembangan hasil olahan pangan berbasis sorgum. “Sorgum sering disebut tanaman seribu manfaat. Dengan tanaman ini, kami akan menstimulasi ekonomi masyarakat khususnya para pemuda di Kecamatan Sukalarang agar menjadi generasi muda yang tanggguh, kreatif, dan mandiri. Mereka akan diarahkan untuk terlibat dalam produksi pangan lokal,” tandasnya.

Bagaimana tanggapan anda ?
+1
+1
+1
+1
+1
+1
+1
Baca Juga  Kemenpora Gandeng Perguruan Tinggi Gelar Pendidikan Kepemimpinan Pemuda Dalam Rumah Tangga

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here