Pengawas BUMdes: Hasil Laporan BUMdes Bumelasari Desa Langkapsari Semua Aset Ditarik Dulu

0

Reporter:Revan

KAB.CIAMIS. FOKUSPRIANGAN.ID – Badan┬áUsaha Milik Desa (BUMdes) Bumelasari, Desa Langkapsari, Kecamatan Banjaranyar, Kabupaten Ciamis, mengelar rapat laporan pertanggungjawaban tahun angaran 2017 sampai 2020 yang bertempat di Aula Desa Selasa (26/01/2021).

Laporan pertangungjawaban tersebut, di hadiri Pjs Kepala Desa Jajang Nurjaman selaku Kepala Desa terpilih H.Rusyana tokoh masyarakat, Karang Taruna, Perangkat Desa, dan Lembaga Desa lainnya.

Kepala Desa Jajang Nurjaman yang juga sebagai Komisaris BUMdes mengatakan, hari ini telah di laksanakan evaluasi tentang kepengurusan dan Laporan Pertangungjawaban BUMdes Bumelasari mulai tahun angaran 2017 samapi 2020.

Kegiatan ini yang dimaksudkan, untuk meningkatkan kapasitas kepengurusan BUMdes, pengeloaan keuangan dari desa baik itu dari Dana Desa (DD) ataupun yang lainnya, dengan cara menyampaikan kepada masyarakat dan mencari solusi perkembangan BUMdes kedepannya mau bagaimana,”jelasnya.

Dari hasil evaluasi ini untuk sementara akan adanya penarikan aset BUMdes atau pemutihan bagi kelompok yang tidak berkembang, akan adanya repisi atau evaluasi kelompok apakah mau di lanjutkan atau tidak, itu intinya, sehingga di simpulkan akan adanya pemutihan tentang pengalokasian dana kepada kelompok usaha.”Katanya.

Sementara itu Adam. Selaku Badan pengawas BUMdes menambahkan, Dari hasil pengawasan di tiap tiap kelompok, adanya beberapa kelompok usaha yang tidak berjalan, maka dari itu semua aset kelompok akan di tarik dulu, tapi kalau yang kelompoknya masih┬ábejalan akan kita tambah lagi permodalannya,”ujarnya.

“Dari 6 kelompok usaha cuma ada 2 kelompok yang masih berjalan yaitu kelompok Pasir salam yang menjalankan usahanya Sapu lidi dan kelompok Mayang Arum usaha ternak Domba.” Tetapi berdasarkan hasil musyawarah rencana kedepannya, semua aset BUMdes akan di tarik dulu, baik itu dari anggaran dari Dana Desa (DD) maupun Bantuan Provinsi (Banprov) dikarnakan usahanya tid├ák berjalan bukannya untung tapi malah rugi, yang jelas tidak menghasilakan PAD.”Katanya.

“Sedangkan untuk saat ini aset yang udah┬ádi tarik baru mencapai 25 presen dari total anggaran BUMdes sebesar Rp 200 juta, kami targetkan semua aset BUMdesa akan beres di tarik sebelum Kades Terpilih H.Rusyana dilantik.”imbuhnya.

Di tempat yang sama tokoh Masyarakat Dianopa mengatakan, dari hasil akhir laporan pertanggungjawaban tidak memuaskan, selain dengan tidak hadirnya ketua Bumdes, pengurus dan anggota mau ada hasil bagai mana, orang yang mau di pinta pertanggunjawabanya juga tidak hadir,”Kesalnya.

“Yang jelas,kami setuju dengan akan adanya penarikan aset dari kelompok usaha, kami akan menunggu hasil akhir dari pengawas BUMdesa.”pungkasnya.

Bagaimana tanggapan anda ?
+1
+1
+1
1
+1
+1
+1
+1
1
Baca Juga  DPD Golkar Kota Tasikmalaya Selenggarakan Puncak HUT Golkar Ke-56

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here